Rabu, 25 Juni 2014

Membuat booster antena TV UHF dengan MMIC

| Rabu, 25 Juni 2014 | 2 komentar

Mungkin anda belum begitu familier dengan istilah MMIC, salah satu komponen elektronika yang teknologinya termasuk baru, bahkan bagi saya sendiri yang selama ini selalu mengandalkan komponen seperti transistor dan IC. MMIC adalah singkatan dari Monolithic Microwave Integrated Circuits, komponen ini sebenarnya didesain untuk gelombang microwave tapi jangan salah mengira, karena pada kenyataannya MMIC bisa digunakan dari rentang frekuensi DC sampai frekuensi 3 atau 4 GHz. jadi MMIC cocok digunakan untuk memperkuat sinyal radio pada jalur HF, VHF, UHF, SHF, microwave.

apa itu komponen MMIC? silakan simak pembahasannya berikut ---> Mengenal komponen elektronika: MMIC

Pada awalnya ide menggunakan MMIC ini berawal dari penerimaan TV UHF di rumah yang kurang bagus, saya coba menggunakan penguat booster yang biasa dijual tapi tidak ada perubahan, membuat sendiri booster dengan transistor UHF c3355 juga tidak berhasil, lalu saya mencoba mencari informasi lewat Google dan banyak saya temui penggunaan komponen MMIC sebagai preamplifier atau penguat sinyal antenna penerima (receiver) secara wideband. penggunanya juga bermacam-macam, dari radio komunikasi amatir, SATCOM (satelit), wideband receiver (scanner), TV VHF/UHF, radio HF, microwave. jadi meneurut saya MMIC cocok digunakan untuk beragam receiver termasuk pula perangkat SDR (software defined radio).

MMIC yang cukup terkenal adalah MAR series buatan Mini-Circuits, sayang sekali saya lihat di Ebay harganya cukup mahal. untuk itulah saya mencari MMIC alternatif lain yang harganya lebih terjangkau, saya akhirnya memesan  MMIC SGA-3486Z RFMD Sirenza DC-5000MHz SiGe di Ebay. harganya cukup murah cuma 1$ per komponen.
bagi anda yang tertarik untuk membeli komponen elektronika di Ebay, silakan baca posting saya berikut --> Asik kiriman barang Ebay telah datang.

sambil menunggu barang dikirim sampai, biasanya barang kiriman Ebay sampai kurang lebih waktunya sebulan, jadi saya membuat PCB dulu dan mempersiapkan komponen lainnya. silakan lihat skema rangkaian dan PCB yang disarankan berikut ini:

(klik gambar untuk memperbesar)

beberapa fitur yang terdapat dalam MMIC ini:
High Gain: 18.0dB at 1950MHz, bisa dikonfigurasi Cascadable 50Ω, Operates from Single Supply
Low Thermal Resistance Package
Applications: PA Driver Amplifier, Cellular, PCS, GSM, UMTS, IF Amplifier, Wireless Data, Satellite.


dari uji coba yang saya lakukan, saya pilih power supply 5 Volt dari sumber charger USB 5 Volt yang biasa digunakan untuk mencharge gadget dan  ternyata rangkaian ini masih perlu ditambah pengatur penguatan (gain) berupa VR potensio supaya tidak terjadi overloading gain. komponen-komponen lain saya sesuaikan nilainya sesuai frekuensi yang ingin saya gunakan yaitu UHF TV, jadi berikut rangkaian yang saya buat:


posting ini saya lanjutkan pada bagian ke-2, yang berjudul --> Hasil uji coba booster antena TV UHF dengan MMIC, silakan klik DISINI untuk mengunjunginya!

2 komentar:

Suryo Agustono Suwignyo mengatakan...

sudah dicoba ke siaran tv digital via top box semacam nex nedia or top box netral lainnya.....berapa modal bikin paket booster antena ini

xpandro-id mengatakan...

belum saya coba untuk TV digital, karena di tempat saya yang ada cuma siaran TV analog saja. modal saya membuat Booster ini sekitar 20 Ribu Rupiah, karena komponen utamanya yaitu MMIC SGA-3486Z itu cukup murah harganya sekitar 1$ per buah. adaptor 5 Volt sebagai power supply tidak termasuk hitungan karena bisa memakai adaptor 5 Volt yang sudah ada dari charger HP atau smartphone.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com