Jumat, 27 Juni 2014

Mengenal komponen elektronika: MMIC

| Jumat, 27 Juni 2014 | 0 komentar

bagi yang hobby bereksperimen dengan home-brew VHF receiver (FM, Airband, 2 meter, satcom), untuk digunakan pada sinyal yg lemah dan komunikasi satelit. penggunaan MMIC menjadi salah satu pendorong yang sangat berguna untuk kepentingan radio amatir atau perangkat penerima radio dan TV. Salah satu komponen kecil tersebut adalah preamplifier wideband MMIC yang performanya terbukti baik, harganya murah dan mudah untuk dirangkai.

MAR-6 MMIC Amplifier

MMIC adalah singkatan dari Monolithic Microwave Integrated Circuits, komponen ini sebenarnya didesain untuk gelombang microwave tapi jangan salah mengira, karena pada kenyataannya MMIC bisa digunakan secara wideband mulai dari rentang frekuensi DC sampai frekuensi 3 atau 4 GHz, jadi komponen kecil ini akan sangat berguna pada jalur frekuensi HF, VHF, UHF, SHF.

salah satu yang cukup terkenal adalah MAR-X series, rangkaian amplifier terpadu monolitik yang dibuat oleh Minicircuits. selain harganya murah, mudah didapat terutama lewat Ebay, dan sangat mudah untuk bekerja.
Preamplifier ini memiliki gain tinggi, noise rendah, power supply yang teregulasi untuk isolasi yang baik dari noise eksternal sumber listrik, konstruksi transformerless untuk bandwidth yang baik, dan perlindungan polaritas terbalik pada input power supply. Selain itu, jumlah komponen tambahan yang sedikit, membuat rangkaian menjadi lebih sederhana dan mudah untuk diselesaikan. pengulangan dari rangkaian yang bisa bekerja cukup baik, jika anda membuat rangkaian yang sama maka kemungkinan akan bekerja dengan sama baiknya.

beberapa MMIC yang layak untuk anda pertimbangkan, anda bisa mencari dan membelinya di Ebay:

  1. PGA103+ P-HEMT MMIC
  2. SGA-3486Z SiGe MMIC
  3. MAR-X series MMIC: MAR-6, MAR-6SM, MAR-8, MAR-8A+
  4. PSA4-5043+ E-PHEMT Ultra-Low Noise MMIC 50 MHz - 4 GHz
  5. Gali 84+ InGaP HBT  MMIC DC - 6 GHz
  6. SPF5053Z P-HEMT MMIC 50 MHz - 4 GHz
kunjungi juga beberapa posting terkait berikut:


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com