Minggu, 08 Desember 2019

Mengenal Prosesor AMD A9 9420 & GPU Ati Radeon R5

| Minggu, 08 Desember 2019 | 0 komentar

Banyak laptop kelas entry level yang beredar dipasaran Indonesia dilengkapi dengan Prosesor AMD A9 9420 & GPU Ati Radeon R5. AMD A9-9420 adalah chip entry-level dari seri APU Stoney-Ridge untuk notebook (generasi APU ke-7), yang diumumkan pada pertengahan 2016. Pada saat peluncurannya, A9-9420 adalah prosesor Stoney Ridge tercepat (versi Bristol Ridge dual-core) dan mengambil alih posisi dari A9-9410 (lebih rendah 100 MHz clock CPU-nya). Ini mengintegrasikan dua core CPU (satu modul Excavator dengan 2 integer dan pada unit FP) clock antara 3 sampai 3,6 GHz. di dalamnya juga mencakup GPU Radeon R5, dengan 192 shader pada 800 MHz serta pengontrol memori DDR4-2133 single-channel, H.265 video engine dan chipset dengan semua port I/O.

Arsitektur
Stoney Ridge adalah penerus arsitektur Carrizo dan desainnya hampir identik. Berkat proses manufaktur yang dioptimalkan dan perilaku Boost yang lebih agresif, namun, clock-nya sedikit lebih tinggi dengan konsumsi daya yang sama. Pengontrol memori sekarang juga mendukung DDR4-RAM, dalam hal ini hingga 2133 MHz. Stoney Ridge adalah sebutan untuk chip dual-core dan single-core yang lebih kecil, sedangkan Bristol Ridge adalah chip quad-core yang lebih besar dengan pengontrol memori dual-channel. 
Performa
Berkat clock maksimum yang tinggi hingga 3,6 GHz, kinerja single-core seharusnya cukup bagus. kinerja multi-core di sisi lain jauh lebih rendah dibandingkan dengan Bristol Ridge. bila dibandingkan dengan quad-core Carrizo-L/Beema yang lebih lawas, APU berkinerja cukup baik.Tingkat kinerjanya serupa dengan Core-m3 dan oleh karena itu akan cukup untuk aplikasi yang agak lebih berat. TDP dapat dikonfigurasikan antara 10-25 Watt, sehingga bisa ada perbedaan kinerja yang besar di bawah beban kerja yang berkesinambungan.
Kartu grafik/Graphics Card
GPU Radeon R5 (Stoney Ridge) yang terintegrasi memiliki 192 unit shader aktif (3 inti komputasi) dengan kecepatan hingga 800 MHz.

Konsumsi daya
AMD menetapkan TDP A9-9420 sebesar 15 Watt, tetapi dapat dikonfigurasi antara 10-25 Watt. Ini berarti CPU ini adalah pilihan yang cukup baik digunakan untuk notebook yang tipis dan ringan, tetapi juga akan cocok untuk laptop 15 inci dengan kemampuan pendinginan yang lebih baik.

silakan kunjungi juga posting lainnya berikut ini:
>> Survey online ini terbukti sudah membayar saya jutaan Rupiah
>> Powerbank Samsung 25000mAh ini asli atau palsu?
>> Berkebun strawberry di dataran rendah
>> Cara efektif mengatasi laptop yang panas

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com