Selasa, 07 Juli 2020

Membuat Lampu Flip-Flop untuk Sepeda

| Selasa, 07 Juli 2020 | 0 komentar

Proyek rangkaian sederhana yang cukup mudah untuk dirakit, tidak perlu PCB, dan bagian-bagiannya disambungkan dengan solder timah. dapat bekerja sempurna untuk mennyalakan 2 lampu kecil (menyala dan mati secara bergantian atau kedap-kedip). proyek DIY (do it yourself) ini secara populer disebut sebagai flip-flop di antara kalangan hobby-is kit elektronik. rangkaiannya cukup sederhana dan hanya membutuhkan sejumlah kecil komponen.

Daftar komponen:
2 x resistor 1K2
2 x kapasitor elektrolitik (Elco) 220uF/6,3V
2 x transistor 2SA733 / TUP
2 x lampu mini 4.5V - 6V
1 x USB 2.0 4-pin Connector Male
kawat tembaga padat

Transistor 2SA733 (bertanda A733) dapat diganti dengan transistor yang setara TUP (Transistor Universal PNP). untuk digunakan pada sepeda maka perlu ditambah case, holder, dan powerbank sebagai catu dayanya. berikut adalah video cara pembuatan atau perakitannya:


Sirkuit Flip Flop D menggunakan Transistor adalah sirkuit flip flop klasik yang biasa digunakan. Sirkuit flasher ini sangat populer dan biasanya merupakan sirkuit pertama untuk dirakit ketika memulai hobi elektronika. diagram sirkuit sudah disisipkan pada video di atas. Flip-flop juga disebut sebagai Latch.
aplikasi: gadget USB keren, lampu di sepeda (dipasangkan dengan bank daya), dll.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com