Jumat, 01 April 2016

Cara efisien merubah tegangan 12 Volt ke 5 Volt

| Jumat, 01 April 2016 | 2 komentar

Bagamana cara menurunkan tegangan listrik arus searah (DC) dari 12 Volt menjadi 5 Volt secara efisien? misalnya tegangan dari sumber aki kendaraan mobil atau motor 12 Volt  ingin diubah supaya tegangannya bisa keluar jadi 5 Volt. IC LM 7805 yang biasanya dengan  mudah dijumpai di toko elektronika, umumnya digunakan untuk regulator step down ke 5 Volt dirasa kurang cocok jika ditinjau dari segi efisiensi, karena efisiensinya yang cukup rendah yaitu (+/- 20 %) sehingga sebagian besar sisanya berubah menjadi panas, itulah mengapa IC LM7805 harus dilengkapi heatsink (lempengan peredam panas) saat digunakan. efisiensi yang rendah sama saja dengan pemborosan dan membuang energi listrik.

salah satu alternatif untuk menggantikan regulator 5 Volt IC LM 7805 adalah dengan menggunakan modul dengan IC lain yang mempunyai efisiensi lebih tinggi. salah satu modul step down ke 5 Volt yang cukup efisien adalah modul converter step down dengan menggunakan IC XL4005. efisiensi modul converter ini cukup tinggi yaitu mencapai (+/- 90%).

cara mengatur tegangan output pada modul ini juga mudah, silakan perhatikan gambar berikut:

beberapa contoh aplikasi lainnya dari modul step down XL4005:

1.digunanakan sebagai pengatur output tegangan pada solar charger, untuk pembahasan lebih detail silakan lihat pada posting saya ---> Praktek membuat Solar Charger 4 Watt

2.menambah output USB charger di sepeda motor. sepeda motor umumnya menggunakan aki 12 Volt, supaya output dari aki 12 Volt bisa digunakan untuk mencharge smartphone atau gadget lainnya maka perlu ditambah regulator berupa modul step down 5 Volt dan port USB female.

3.membuat charger aki 12 Volt dengan memanfaatkan adapter laptop yang outputnya DC 19 Volt yang kemudian dirubah tegangannya dengan modul step down ini menjadi 13,5 Volt. tegangan 13,5 Volt inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mencharge aki 12 Volt.

4.variabel DC power supply, modul ini juga bisa digunakan untuk variabel DC power supply. tinggal putar sekrup pada adjustable multiturn variabel untuk menyesuaikan besarnya tegangan output yang diinginkan. sesuaikan dengan spesifikasinya yaitu:

Input voltage: DC 4V ~ 38V
Output voltage: DC 1.25V ~ 32V ( adjustable )
Output current: 0A ~ 5A
Output power: 75W ( more than 50W please add heat sink )


modul regulator atau modul converter step-down dengan IC XL4005 bisa anda beli dengan harga sekitar US$ 2, jika anda berminat untuk membelinya silakan klik DISINI atau klik pada gambar di bawah ini:
berikut adalah link video uji coba modul  IC XL4005 untuk mengubah tegangan 12,5 Volt menjadi 5 volt, silakan klik DISINI atau bisa juga klik gambar di bawah ini:


2 komentar:

Irwan mengatakan...

klo di indonesia, dimana ada jual mas stepup/stepdown ini mas yg sdh jadi

xpandro-id mengatakan...

@Irwan:coba cari di Bukal*pak dan Tokop*dia Gan, mungkin ada yang jual...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com