Minggu, 30 Desember 2012

Membuat Powerbank Tablet PC dari baterai bekas laptop

| Minggu, 30 Desember 2012 | 49 komentar

Anda punya modul baterai laptop bekas yang tidak terpakai? atau mungkin sudah drop dan rusak? anda harus tahu, bahwa modul baterai tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat powerbank 5 Volt. cell baterai yang terdapat pada modul baterai laptop adalah jenis Lithium Ion baterai 18650, yang mempunyai spesifikasi tegangan 3,7 Volt sampai 4,1 Volt. untuk mengetahui lebih jauh tentang baterai 18650 silakan simak pada posting saya --> Mengenal baterai 18650 Lithium Ion.

tentu saja baterai jenis baterai 18650 ini berbeda dengan jenis baterai karbon atau Alkaline yang biasa dijual di pasaran dengan ukuran AA dan AAA yang spesifikasi tegangannya 1,2 Volt sampai 1,5 Volt. untuk baterai 18650 ini memang sering digunakan pada modul baterai laptop, powerbank gadget, dan lampu senter Police. seperti yang kita tahu bahwa charger untuk tablet standar adalah mempunyai spesifikasi tegangan output 5 Volt dan arus 2 Ampere. salah satu contohnya adalah charger Tablet PC Android Ainol Aurora saya ini:


saya sudah mencoba membuat powerbank untuk tablet Ainol Aurora, dan hasilnya tidak kalah dengan powerbank yang dijual di pasaran. bahan baterai saya ambil dari modul baterai laptop bekas saya dulu yaitu laptop Sony Vaio VGN-NR31z.
ternyata sebagian besar baterainya masih bagus, hanya sedikit yang sudah rusak (drop), baterai yang bagus ditandai dengan tegangan yang masih normal yaitu di kisaran 4,1 Volt (kondisi full charge).
jika tegangan baterai tetap berada di bawah 3 Volt, bisa dipastikan baterai tersebut sudah drop atau rusak. untuk memastikan, sebaiknya charge terlebih dahulu dengan charger handphone 5 Volt, karena saya juga menggunakan cara ini, lalu kemudian cek dengan multitester.
modul baterai laptop itu sendiri terdiri dari beberapa cell baterai yang digabungkan dalam seri dan pararel, dengan tujuan untuk menaikkan tegangan (seri) dan menggandakan arus listriknya (pararel).
modul baterai tersebut dapat dipisah-pisah sehingga kita mendapatkan banyak cell baterai yang tiap cell baterai mempunyai tegangan sekitar 4,1 Volt, sehingga apabila 2 cell baterai dihubungkan dengan cara diseri, maka akan menghasilkan tegangan total sebesar 8,2 Volt.
tegangan mentah 4,1 Volt atau 8,2 Volt tentu tidak bisa digunakan untuk mencharge Tablet, karena untuk mencharge secara standar dibutuhkan tegangan dengan rentang 4,5 Volt sampai 5,5 Volt. untuk amannya kita gunakan standar charger saja yaitu dengan tegangan 5 Volt. untuk itulah kita membutuhkan rangkaian regulator yang gunanya untuk menghasilkan tegangan 5 Volt tersebut.
rangkaian yang sederhana bisa dengan mudah dibuat dengan bantuan IC regulator 5 Volt yaitu LM7805, anda bisa mendapatkannya di toko elektronika dengan harga cuma 3000 sampai 5000 Rupiah saja.
untuk mengetahui lebih lanjut tentang LM7805, silakan buka posting berikut ini --> Kelebihan dan kelemahan IC regulator LM 7805.  

pada rancangan Powerbank saya, ada penambahan lampu LED yang gunanya untuk indikator arus.

baterai dan komponen saya rangkai seperti pada gambaran berikut:
perhatikan polaritas dari soket jack untuk pengisian, jangan sampai terbalik. (gunakan multitester untuk memastikannya).

IC LM7805 harus diberi Heatsink yang baik untuk meredam panas, sehingga IC LM7805 bisa tahan lama dan tidak cepat rusak.

uji coba setelah 1 jam di charge, saya mendapatkan data sebagai berikut (tablet dicharge dalam keadaan off):
tablet yang saya gunakan adalah Ainol Novo 7 Aurora dengan kapasitas penyimpanan baterai 3700 mAh. setelah 1 jam dicharge terjadi kenaikan indikator baterai di tablet, dari yang semula baterai 15% menjadi 52% (3,68 Volt menjadi 3,80 Volt). data ini saya ketahui lewat aplikasi ES Task Manager.
dengan multitester saya mengukur tegangan baterai (input) powerbank yang semula 8,20 Volt turun menjadi 7,46 Volt, ini artinya terjadi perpindahan energi listrik dari baterai powerbank ke baterai tablet.
karena dalam 1 jam charge ada kenaikan sebesar 37%, maka kemungkinan baterai tablet tersebut akan terisi penuh jika dicharge selama lebih dari 2 jam.

untuk memulihkan baterai input di powerbank yang sudah terkuras, saya mencharge satu persatu cell tersebut dengan charger handphone standar 5 Volt. setiap cell akan terisi penuh jika sudah mempunyai tegangan sekitar 4,1 Volt, dan kosong jika tegangannya berada di kisaran 3,6 Volt. untuk mengetahui ini, anda membutuhkan multitester digital. di toko elektronika multitester digital dijual dengan harga sekitar 30 ribuan Rupiah.

baterai input di powerbank ini yaitu baterai 18650 li-ion 3,7 Volt bisa dicharge menggunakan charger HP 5 Volt apa saja, asal keluarannya 5 Volt, untuk lebih jelasnya silakan lihat dalam posting saya berikut ini --> Cara mencharge baterai Powerbank buatan sendiri.

catatan:
Saat powerbank ini digunakan mencharge tablet PC maka heatsink akan panas, hal ini adalah normal. jika heatsink diletakkan di dekat baterai powerbank maka beri pemisah dengan kertas tebal supaya panas dari heatsink tidak merusak plastik pembungkus baterai 18650, karena bila plastik terkelupas bisa beresiko menimbulkan hubungan singkat (short circuit). anda juga bisa menempatkan powerbank ini pada kotak khusus biar lebih terlihat lebih rapi.
saya menggunakan dan menyarankan powerbank ini hanya untuk kondisi darurat dan pemakaian terbatas, misalnya saat listrik PLN mati, perjalanan mudik atau wisata, perkemahan, survey lapangan, dll. Powerbank "buatan" ini bukan ditujukan untuk pemakian harian, karena saya tidak bisa memastikan keawetan dari baterai original di Tablet PC karena menggunakan powerbank tersebut.

untuk bahan referensi lainnya, silakan baca juga posting saya berikut ini

silakan kunjungi juga posting-posting menarik lainnya berikut ini:
>> Cara efektif mengatasi laptop yang panas

----00----

49 komentar:

predavid lucman mengatakan...

Siip..

Imron Zarkasyi mengatakan...

Saya sangat tertarik dengan desainnya dan sudah mencoba membuatnya. indikator charging HP on tapi kok gak penuh-penuh ya.. padahal saya coba charge lebih dari 6 jam, begitu saya cek tetap saja charging....kira2 ada kesalahan dimana ya?
saya memakai baterai Sanyo UR18650A N31A

admin mengatakan...

@Imron Zarkasyi: coba cek arus dan tegangan dari Powerbank buatan Agan... kalau bisa output Powerbank disamakan dengan spesifikasi output charger original dari HP tersebut.
adapter Tablet Ainol Aurora saya, punya spesifikasi output tegangan 5V dan arus 2A, sedangkan output Powerbank yang saya buat spesifikasinya 5V dan 1,8A sehingga masih ada selisih pada arusnya. karena arusnya masih kurang 0,2 A maka mengakibatkan Powerbank itu tidak bisa mengisi penuh Tablet Ainol Aurora yang saya punyai itu, kisaran pengisian maksimal pada baterai Tablet berada pada sekitar maksimal 90% dari yang telah saya uji coba. jadi tidak bisa sampai penuh.
untuk bisa mengisi penuh, maka Powerbank harus punya spesifikasi output arus listrik yang sama atau lebih besar dari adapter, sedangkan tegangannya tetap sama yaitu 5 Volt.
jika arus keluaran Powerbank yang Imron Zarkasyi buat masih dibawah spesifikasi adapter HPnya maka baterai powerbank harus diganti dengan spesifikasi penyimpanan daya yang lebih besar.
biasanya tertera angka di bagian body Baterai dengan spesifikasi mAH (mili Ampere Hour). semakin tinggi nilai mAH maka semakin besar daya yang bisa disimpan dan semakin besar arus yang bisa dihasilkan bila digunakan untuk Powerbank.
saya menggunakan cell baterai bekas Sony warna hijau, yang tiap cell nya hanya berkapasitas 2400 mAH, karena dirangkai seri maka arusnya tetap. sedangkan baterai Tablet Ainol Aurora saya kapasitasnya 3700 mAH. tentu ini sudah sangat kelihatan kalau Powerbank yang saya buat tidak akan bisa mengisi penuh Tablet saya tersebut karena kapasitas gadget yang di charge lebih besar dari kapasitas dari Powerbanknya. jadi menurut saya solusinya adalah dengan mengganti cell baterai di Powerbank dengan kapasitas yang lebih besar.

niichama mengatakan...

wah jadi pengen coba buat powerbank sendiri,
kebetulan saya ada batere 18650 4 biji kapasitas 2200mAh,biar dapat kapasitas besar berarti harus dipasang paralel yah? jd 2200x4=8800mAh?

Anonim mengatakan...

gan saya pakai batrei Panasonic CGR18650CG, alat pengisinya gimana, apakah sama dengan charger biasanya

admin mengatakan...

@niichama: untuk mendapatkan kapasitas yang besar memang harus dipararel, sedangkan untuk mendapat tegangan yang besar maka baterai harus disusun seri.
kalau niichama ingin membuat powerbank 5V dari 4 baterai @4,1V 2200mAH maka baterai harus dikombinasi secara seri-pararel.
pembagiannya adalah 2 baterai dipararel (2x4,1V 2200=4,1V 4400mAH) diseri dengan 2 baterai dipararel (2x4,1V 2200=4,1V 4400mAH) maka totalnya adalah (8,2V 4400mAH).
kemudian ditambahi dengan IC regulator tegangan 7805 maka tegangan keluarannya jadi 5V.

admin mengatakan...

@Anonim: saya lihat Panasonic CGR18650CG punya spesifikasi tegangan 3.6V, bisa dicharge dengan adapter (charger) HP atau Smartphone 5 Volt biasa. saya sendiri kalau mencharge baterai jenis 18650 menggunakan adapter bekas Sony Ericsson yang saya modifikasi, bagian jack outputnya saya ganti pakai clamp jepit buaya kecil. sewaktu mencharge output positif adapter dihubungkan dengan kutub positif baterai dan output negatif adapter dihubungkan dengan kutub negatif baterai. jika baterai penuh adapter tersebut secara otomatis menghentikan aktifitas charge (ditandai dengan body adapter yang dingin), jika dalam kondisi charge biasanya body adapter (charger) akan panas.
untuk bahan referensi silakan baca link berikut:
http://arjip.wordpress.com/2011/01/29/cara-membuat-adaptor-power-supply-charger-handphone-gadget/

Petulangan Giman Cool mengatakan...

salam kenal mas.. kalau cara mengetahui arus output pada power bank nya gmna.. ane kan punya baterai Li-ion 18650 5000mAh 4.2V trus ane paralel 2 dan seri.. mohn pencerahan.. mklum ane msh newbie di dunia elektro.

Agis garsel mengatakan...

mas salam kenal,,,,minta bantuan nya mas,sya punya power bank bru pakai 5hari beli rusak blas merk croos,,,terus saya bongkar di dalem nya ada batrey 3,merk samsung entah berapa vol,,,cuma yank sya tau 8800mah...input,1000mah,,,out,,5v...,2a,dan,5v...,0,6a,,yang saya tanyakan apa batrey nya bisa sya pake lagi pake rumus mas...dan batrey nya di susun pararel...minta gambaran nya mas..

Agis garsel mengatakan...

mas slam kenal mas mhon bantuan nya,,,,sya pke batrey bekas power bank merk crooss,,, 8800mah,apa bisa pke skema di atas...dan ic 7850,,,ko banyak macem nya,,dan sya coba,,pke ic L7805cv ko ga bisa..terus klo pake batrey bekas senter cgarger bisa apa ga..mas makasih...mhon penjelasan dan cra nya mas...thank..garsela

Anonim mengatakan...

cara charge powerbank nya itu gimana? ga ada port input buat chargingnya?

admin mengatakan...

@Agis garsel: kemungkinan besar masih bisa dipakai, saya juga pakai baterai bekas kok...
kalau ada 3 cell baterai tersebut, ambil saja 2 baterai yang masih bagus. tiap cell bisa di charge manual satu-satu sampai full dulu pakai adapter charger 5 Volt standar yg biasanya dipakai untuk HP, kutub positif ke positif dan kutub negatif ke negatif. jika masih bagus maka saat full charge kisaran tegangannya tiap cell ada di 3,8 sampai 4,1 Volt. (bisa diukur pakai multitester/multimeter). jika sudah full semua. kemudian susunlah secara seri 2 baterai tersebut sehingga tegangan totalnya berkisar 7,8 sampai 8,2 Volt. beri tambahan IC 7805 sesuai gambar diposting atas, dan powerbank siap digunakan. kalau masih bingung bisa minta bantuan langsung ke teman, tetangga, atau saudara yang mengerti tentang elektronika.

admin mengatakan...

@Anonim: cara charge cell baterai powerbanknya dilakukan secara manual dan bergantian untuk tiap cell baterainya Gan, saya pakai adaptor 5 Volt milik HP bekas yang ujungnya di modifikasi. jadi kabel adaptor HP ujungnya dikupas dan ada kabel merah dan hitam. kabel merah adalah positif dan kabel hitam adalah negatif. saya sambung pakai clamp jepit buaya kecil, jadi waktu menchargenya tinggal di jepit ke baterainya, positif ke kutub positif baterai dan negatif ke kutub negatif baterai. pengalaman saya pakai adaptor bekas Sony Ericcson bisa otomatis stop charge jika cell baterai sudah full. kalau saya cek pakai multitester tegangan tiap cell jika full ada di kisaran 4,1 Volt.

JabrikPuerto mengatakan...

mangstab gan...tp cara ngecas batrenya kok pake dicopot dulu yah...? bikin yg lebih sip dikit donk...pake adaptor 5 amper misalnya...ini sih usul aja mas admin...he3...

admin mengatakan...

@JabrikPuerto: he he he... betul Gan, rangkaiannya masih sederhana dan manual. belum sempat dikembangkan lebih lanjut.

Anonim mengatakan...

ane mau tanya mas, kalo kita pake adaptor HPnya langsung gmn? jadi kita cuma nyusun buat bikin inputnya aja, nah kalo gitu kan kita gaperlu pake IC regulator sama resistor kan? karena output yg keluar pasti cocok sama input yg dibutuhkan batre kita
giaman menurut situ ?

rachmat m mengatakan...

Pengalaman pribadi saya buat lagi cherger 9 Volt untuk charger batterai 8.2Volt Powerbank jadi ada 2 port, Input 9Volt dan Output 5Volt (jgn lupa di bedakan port nya jgan sama).

Masukan dari saya untuk Ampere charger (2 A) mungkin bisa menggati tipe IC Regulator LM7805 dengan--> 78S05 tapi minimum input nya harus 8 volt.

admin mengatakan...

@Anonim: selama adaptornya punya output 5 Volt, itu bisa dipakai buat mencharge gadget, cell baterai li-ion, dan juga cell baterai tipe 18650.
@Rachmat M: trims atas masukannya Gan. mungkin bisa dijadikan bahan referensi buat yang lainnya.

Danang Kristanto mengatakan...

kalo pake batrey aa 1,5 volt 4 buah gimana bos?
komponen yg dibutuhkan apa aja

admin mengatakan...

@Danang Kristanto: untuk baterai 1,5 Volt diseri 4 buah maka tegangan totalnya 6 Volt. tegangan sebesar ini bisa dipakai untuk Powerbank seperti desain saya diatas. intinya tegangan input sebelum masuk IC LM7805 adalah harus diatas 5 Volt. komponen sama dengan yang diatas, cuma yang beda komposisi jenis baterainya saja. tapi baterai biasa AA 1,5 Volt yang banyak dijual dipasaran jarang yang punya spesifikasi penyimpanan arus yang besar mungkin cuma ada di kisaran 1500mAH.
saran saya sebaiknya gunakan 5 baterai AA rechargeable (bisa diisi ulang tapi tegangan maksimum tiap cell baterai cuma 1,2 Volt) dan jika diseri maka tegangan total 1,2 x 5 = 6 Volt. dengan tegangan 6 Volt maka bisa digunakan untuk Powerbank seperti desain diatas. salah satu contoh baterai yang bisa diisi ualang adalah baterai Sanyo Rechargeable AA Battery NiMH 2400 mAh 1.2 V.

Alex mengatakan...

Saya punya bnyk baterai laptop bekas. Apakah Ada yang berminat?

Anonim mengatakan...

Om, kalo battery'y yg 2200mAh 3.7v qo pas di pasang hp jd mati ya,,,
Padahal susunan'y percis kaya yg ∂ atas,,,

admin mengatakan...

@Anonim: bisa di cek berapa tegangan outputnya? apakah melebihi 5 Volt? tegangan output normal untuk desain powerbank diatas adalah 5 Volt.

Anonim mengatakan...

Di atas 5 volt, om. Jd gmn ?
Saya mau'y 3 battery itu, soal'y kalo 2 battery yg satu'y ga bisa ∂ ambil, kaya permanen gitu,

Anonim mengatakan...

om,saya mau tanyak,power bank yang om buat itu kan outputnya 5 volt 1,8 ampere,saya mau buat biar outputnya jadi 5 volt 1 ampere,caranya gimana om..?

admin mengatakan...

@Anonim: tegangan diatas 5Volt tidak aman digunakan untuk output sebuah charger ataupun powerbank karena bisa menimbulkan kerusakan pada gadget yang dicharge. kalau anda mengikuti desain powerbank diatas dengan benar dan outputnya 5Volt kemungkinan gadget anda akan baik-baik saja.
@Anonim: sebenarnya yang saya cantumkan diatas (1,8A) adalah spesifikasi maksimum arus keluaran yang bisa ditangani oleh powerbank tersebut. tidak masalah bila digunakan pada gadget yang tidak membutuhkan arus tinggi saat pengisian, misalnya 5V 1A.

J@m@L mengatakan...

Gan, saran saya output regulator diberi transistor power, biar ga panas. kan sayang, energinya dibuang jadi panas. hal ini karena kemampuan IC 7805 setahu sy cuma 500mA (datasheet). itulah mengapa ICnya panas,karena dipaksa mendrive beban yang konsumsi arusnya lebih besar dari kemampuan si IC. Just share gan.. Mhon Koreksi kalo ada yg kurang pas.. http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/22.gif http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/22.gif

Anonim mengatakan...

jadi powerbank yang om buat itu kluaran arusnya brapa A..?
saya mau coba buat om..

admin mengatakan...

@J@m@L: ya thanks atas sarannya Gan, saya memakai Powerbank tersebut tidak setiap hari kok Gan, paling cuma saat listrik PLN mati, itupun jarang terjadi tempat saya Gan. :)
@Anonim: arus maksimum yang bisa keluar tergantung kapasitas baterai yang digunakan untuk Powerbank dan juga kemampuan IC regulatornya. kalau dari eksperimen saya dengan menggunakan baterai Sony 18650 hijau @2400 mAH dua buah dan dirangkai secara seri bisa memberikan output arus (setelah diberi regulator 7805) sebesar maksimal 1,8 Ampere. jika digunakan pada gadget yang membutuhkan arus lebih kecil misal 1 A itu tidak apa-apa, malah lebih bagus karena heatsink IC menjadi tidak terlalu panas. saya belum menguji coba baterai 18650 lainnya yang mempunyai kapasitas yang lebih besar misalnya 3000 mAH, kemungkinannya bisa menghasilkan arus yang lebih besar bila dikombinasikan dengan IC power. referensinya bisa dilihat di link berikut:
http://arjip.wordpress.com/2012/07/30/adjustable-power-supply-5a-kisaran-45v-sampai-15v/

its.my.zux mengatakan...

Salam.
Untuk mengisi ke 3,7V gimana, gan? Bagian mana yang harus diganti?
Thx.

admin mengatakan...

@its.my.zux: bisa pakai adaptor Handphone bekas yang 5 Volt. nanti bisa dimodifikasi outputnya pakai clamp jepit buaya. baterai powerbank yang 3,7 Volt bisa dilepas satu persatu dan di charge bergantian dengan adaptor tersebut. kutub positif output adaptor dihubungkan ke kutub positif dan negatif ke negatif. lepas charge saat baterai sudah penuh atau tegangan sudah mencapai 4,1 Volt (bisa di cek dengan multitester).

Anonim mengatakan...

trimakasi atas penjelasannya om..
sukses terus buat blog ini..

Anonim mengatakan...

gan klo jack'a diganti kabel USB gambar skema'a kya gmna
maav ane gk ngerti elektro hehehehe

admin mengatakan...

@Anonim: OK Gan, sama-sama... trims sudah berkunjung.
@Anonim: coba cari referensinya di Google Gan, ane belum mencoba yang tipe USB.

Daniel Christiawan mengatakan...

Gan emang charge dengan 3 batere nikel cadmium aa charge senilai masing 1,2 volt sehingga 3,6volt diseri ga bisa charge hp ya senilai 3,7volt ?bukannya 0,1bisa diabaikan ?

admin mengatakan...

kalau dicharge secara langsung (bukan lewat rangkaian regulator) dari baterai ke baterai maka kemungkinan besar bisa Gan, dicoba saja itung-itung eksperimen. tapi saya tidak tanggung hasilnya ya... he he he...

Anonim mengatakan...

salam kenal gan saya irvan..sya mau tanya gan,,
sya punya 1 buah baterai dg spesifikasi 3v 4500 mAh..nah untuk meningkatkan tegangan baterai tersebut, pada rangkaian power bank sya harus menggunakan IC regulator apa? sekiranya agan berkenan, tolong dong share skema rangkaian dan komponen apa saja yang sya perlukan...
makasih sebelumnya gan

admin mengatakan...

@Irvan: bisa menggunakan tambahan rangkaian kit DC-DC converter, yaitu rangkaian untuk mengubah tegangan 3 Volt tersebut menjadi 5 Volt, sehingga bisa digunakan untuk mencharge gadget smartphone atau tablet.
rangkaian kit DC-DC converter yang sudah jadi bisa dibeli di Ebay, harganya sangat murah dan free ongkos kirim, harganya sekitar 1$ saja. saya juga sudah pesan tapi sekarang lagi nunggu barangnya sampai ke tempat saya. silakan kunjungi posting saya di link berikut, pengalaman saya beli barang di Ebay:
http://arjip.wordpress.com/2012/09/20/pengalamanku-membeli-barang-di-ebay/

Agni Bayu mengatakan...

gan, ane kan punya power bank bekas yang baterainya udah rusak, ane ganti pake baterai laptop kok malah gak bisa ngecas ya?
apa harus ada yg di tambahin gan?
mohon solusinya..
baterai power bank rusak ane 2 biji ukuran 3,7 volt,, ane ganti pake baterai netbook acer aspireone 722 dua biji juga, power bank nyala tp gak bisa dipake ngecas n gak bisa di cas,, ane ngecasnya pake charger bb gemini.
trimakasih gan

admin mengatakan...

@Agni: mungkin rangkaian elektronik di powerbanknya juga perlu diganti Gan, sama seperti modul baterai laptop yang perlu direset ulang chip elektronikanya karena menyimpan memori terakhir kondisi cell baterai. jadi jika cell baterai rusak maka memorinya akan tersimpan di chip, dan bila diganti baterai baru maka tetap dianggap rusak bila chip belum di reset. untuk mereset diperlukan alat khusus Gan.

Anonim mengatakan...

wow keren gan

fitra yudin mengatakan...

kalau batrenya habis bagaiman casnya .....? ini kan dari batre ke hp,tapi bagaimana dari listrik ke batrenya

admin mengatakan...

@Fitra yudin: baterai powerbank tersebut bisa dilepas satu persatu kemudian dicharge secara manual dengan adaptor 5V HP biasa, dalam posting saya menggunakan adaptor bekas dari HP Sony Ericsson yang telah saya modifikasi bagian jack outputnya dengan menggantinya dengan clamp jepit buaya kecil. jika kabel adaptornya dikupas ada kabel merah (positif) dan kabel hitam (negatif). jadi nanti tinggal dihubungkan dari positif adaptor ke positif baterai dan negatif adaptor ke negatif baterai (dijepit pakai clamp buaya tersebut). untuk mengetahui jika baterai sudah penuh atau full charge saya menggunakan voltmeter (multitester). tiap baterai penuh bila tegangannya sudah berada pada kisaran 4,1 Volt.

baron arek srigonco mengatakan...

Mas,kalo kita pengen bisa langsung ada colokan buat ngecas power bank kita gimana caranya biar kyk powerbank pabrikan?
Thanks mas

admin mengatakan...

@Baron: iya Gan, rakitan Powerbank diatas memang masih sederhana.
kalau ingin seperti pabrikan, berarti harus nambah kabel dan konektor untuk charge baterai powerbanknya. untuk lebih detailnya silakan kunjungi link berikut Gan:
http://xpandro-id.blogspot.com/2014/03/cara-mencharge-baterai-powerbank-buatan.html

Anonim mengatakan...

Gan saya buat powerbank dengan menggunakan LM 7805 tapi batre hp ku gak nambah-nambah padahal arusnya masuk pada layar hp.cemana tu gan.?

admin mengatakan...

@Anonim, tampaknya kapasitas baterai yang digunakan di Powerbank anda kurang bila dibandingkan dengan kapasitas baterai HP nya. coba ganti dengan baterai 18650 branded seperti merk Panasonic, Sanyo, atau Samsung. hati-hati baterai 18650 biasa seperti merk Ultrafire kadang kapasitasnya tidak sesuai dengan yang dicantumkan.

LUQMAN KHOIRUR mengatakan...

Kalau pke batrai yg 1.2V sbnyk 4 buah brkpstas 2200 mah gmn gan. Mhon ptnjukny gan

admin mengatakan...

@LUQMAN KHOIRUR: 1,2 Volt 4 buah kalau diseri totalnya 4,8 Volt, karena charger standar outputnya 5 Volt, saya tidak tahu apakah 4,8 Volt itu bisa digunakan secara langsung untuk mencharge atau tidak, tapi silakan saja kalau mau dicoba karena saya sendiri belum pernah mencobanya.
coba baca referensi lainnya:
http://xpandro-id.blogspot.com/2014/06/membuat-powerbank-dengan-kapasitas-besar.html

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com