Sabtu, 11 Maret 2017

Merakit Lampu LED Cree 2 Mode

| Sabtu, 11 Maret 2017 | 0 komentar



Berikut ini adalah 2 mode Cree LED Lighting yang sederhana, bisa dapat dengan mudah untuk dirakit sendiri. komponen yang digunakan juga sedikit terdiri dari dua dioda Schottky yang bekerja sebagai simple driver Cree LED namun lebih efisien daripada menggunakan resistor. resistor lebih boros daya karena banyak membuang energi menjadi panas.

lampu rakitan ini punya dua mode (mode A dan mode B). mode A lebih terang dari mode B, tapi lebih banyak daya yang diambil, akibatnya baterai menjadi lebih cepat habis. Mode B lebih hemat daya, tapi cahaya yang dihasilkan tidak seterang mode A.

Seperti dapat dilihat pada diagram yang ada dalam video, proyek ini tidak mengandung komponen aktif hi-end untuk digunakan sebagai driver Cree LED. komponen yang digunakan dalam rangkaian driver Cree LED sederhana ini adalah beberapa Dioda Schottky dan saklar mekanik.

Penggunaan dioda untuk menurunkan level tegangan LED memastikan bahwa prosedur ini tidak menghasilakan panas berlebih dan oleh karena itu hal ini menjadi sangat efisien dibandingkan dengan penggunaan resistor, yang akan menghasilakan banyak panas dalam prosesnya.

untuk rangkaian, step by step perakitan, dan uji cobanya bisa langsung dilihat pada video saya di Youtube, silakan klik pada gambar dibawah ini untuk melihat video tersebut:




daftar komponen yang digunakan:
1x Li-Ion pemegang 18650 baterai
kabel dan baut
on-off-on 3 posisi DPDT saklar mini
PCB ukuran 14x2.5 cm
mini heatsink
1x Cree XLamp XT-E LED
2x Schottky Diode SMD 1N5817 (kode body SS12)
1x Li-Ion 18650 baterai

proyek ini cocok untuk digunakan pada:
lampu emergensi atau lampu darurat
senter Cree LED (perlu reflektor atau lensa)
portabel lampu LED
pencahayaan kamera
pencahayaan outdoor, meja kerja, dan berkemah
lampu (perlu modif kustom dan reflektor)
portabel LED downlight (perlu reflektor)
portabel LED floodlight

tips jika Anda membangun proyek ini:
gunakan baterai li-ion berkapasitas tinggi (mAh) untuk performa kerja yang panjang dan lebih baik.
selalu hati-hati dan menghindari korsleting, sirkuit pendek dapat menyebabkan kabel terbakar atau percikan api. keluarkan atau ambil baterai dari holder jika Anda melihat atau mencium bau terbakar, periksa kabel kabel. menambah reflektor atau lensa jika diperlukan disesuaikan dengan kebutuhan.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com