Rabu, 02 Januari 2013

Tablet PC terus eksis dan menggempur Netbook

| Rabu, 02 Januari 2013 | 0 komentar

Netbook yang di gempur oleh dominasi tablet, Menurunnya pasar komputer desktop (PC desktop), telah mengubah masyarakat kelas menengah Indonesia sehingga punya kecendrungan tren baru, yaitu memiliki komputer tablet. Berdasar riset IDC Indonesia, pada kuartal 2 tahun 2012 pengiriman tablet ke Indonesia mengalami kenaikan sekitar 100 persen dibandingkan kuartal pertama. Sementara di kuartal 3 tahun 2012, pertumbuhan tablet mencapai 50 persen.

Darwin Lie seorang Analis Pasar IDC Indonesia, memprediksi total pengiriman tablet di tahun 2012 mencapai 1,3 juta unit, dan masih didominasi oleh tablet bersistem operasi Android sebesar 80 persen. Netbook tak mampu berdiri melawan dominasi pasar oleh tablet. Apalagi tablet menawarkan sensasi baru dalam berkomputasi, dengan pengalaman navigasi dengan layar sentuh, dan beberapa tipe Tablet telah dilengkapi dengan slot kartu SIM yang memungkinkan pengguna terus terkoneksi internet, di manapun dan kapanpun.

Komputer jinjing kategori baru juga mempengaruhi penjualan Netbook. Netbook juga dihantam oleh komputer jinjing kategori baru. Sejak 2011 lalu dunia mulai mengenal kategori ultrabook yang mempunyai ciri khas bentuk tipis, ringan, layar lebih besar. dan tetap memiliki performa tinggi. Kategori ini dipelopori oleh Intel yang telah dibekali prosesor Intel Core i3 hingga Core i7.

Harga ultrabook di pasaran saat ini masih mahal, tapi lambat laun harganya akan menurun. Tanda-tanda itu sudah terlihat, karena kompetisi perangkat komputer semakin ketat. Mau tak mau produsen akan menawarkan harga yang kompetitif. Ada pula kategori baru yang memadukan fungsi antara tablet dan ultrabook. Dikenal sebagai convertible, tapi ada juga yang menyebutnya hybrid PC. Kategori ini memiliki fungsi tablet, dengan bentuk fisik ringan, tipis dan performa kencang.

Bagaimanapun juga Netbook telah mewarnai evolusi komputer. Ia menginspirasi keberadaan komputer murah berukuran mungil tanpa menyesaki tas ransel Anda. Tapi kembali lagi pada fungsi komputasi. Semua orang butuh komputer dengan spesifikasi tinggi, prkatis, cepat, dan mampu menjalankan aplikasi kelas berat. Netbook bukan jawaban atas tantangan zaman.

Di tahun 2013 nanti, kemungkinan Netbook akan tersingkir dari pasaran komputer. Netbook akan diganti dengan tablet, notebook, ultrabook, dan convertible/hybrid PC. Hingga nanti tiba waktunya kita akan mengucapkan selamat tinggal pada netbook.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com