Rabu, 26 Juni 2013

Meningkatkan sensitifitas penerimaan radio saku AM/FM/SW (Part 2)

| Rabu, 26 Juni 2013 | 4 komentar

Posting bagian 2 meningkatkan sensitifitas penerimaan radio FM dan SW ini merupakan kelanjutan dari posting saya yang sebelumnya, anda bisa membaca terlebih dahulu posting saya sebelumnya itu yang berjudul: Meningkatkan sensitifitas penerimaan radio saku AM/FM/SW (Part 1) karena posting ini merupakan kelanjutan dari posting tersebut.

Meningkatkan sensitifitas penerimaan radio FM

penerimaan FM pada radio saku atau pocket radio umumnya kurang sensitif, karena tidak ditujukan secara khusus untuk penerimaan jarak jauh. untuk itulah saya pandang perlu untuk menambah preamplifier untuk menguatkan sinyal penerimaan di jalur FM, jika anda memang membutuhkan penerimaan yang lebih peka.

kit ini dulu banyak dijual di toko elektronika dengan merk RONICA SC-198 "FM Receiving Booster". entah sekarang masih ada yang jual atau tidak..., kalau anda berada di kota besar kemungkinan kit ini masih tersedia di toko elektronika. berikut foto kit rangkaian tersebut:
 

Rangkaian kit ini sudah saya ujicoba, dan hasilnya tidak mengecewakan, sinyal penerimaan FM ada peningkatan terutama untuk sinyal dari stasiun FM yang lemah atau dari jarak jauh. berikut skema pemasangan antara preamplifier dengan radio receivernya.
Meningkatkan sensitifitas penerimaan radio SW
radio saku biasanya mudah mengalami overload jika dipasang dengan preamplifier HF yang punya gain besar, akan lebih cocok jika menggunakan antena reel, kabel, atau kawat untuk penerimaan di jalur SW. untuk meningkatkan performa penerimaan, silakan gunakan antenna kabel. semakin panjang semakin bagus. koneksikan ke input eksternal antenna yang ada di receiver, jika tidak ada input eksternal antenna pada receiver, maka bisa dibuat sendiri dengan menambah kopling kapasitor 47 pF dan diseri dengan antenna kabel, kemudian ujung kapasitor lainnya dihubungkan pada antenna whip telescopic radio.

kalau anda punya radio jenis vintage (kotak besar) AM,FM,SW multiband dan butuh untuk meningkatkan kepekaan daya tangkapnya, maka silakan saja gunakan cara seperti dalam posting ini, kemungkinan caranya tidak jauh berbeda.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Gan,kalau Mau psen bisa ga?,klo BSA Ane Mau beli

Unknown mengatakan...

Masukkan komentar Anda...sip

xpandro-id mengatakan...

@Al Thariq: thanks Gan sudah mampir di blog saya ini...

xpandro-id mengatakan...

@Three Budi: maaf ya Gan, ane gak jualan kit elektronika. coba cari kit nya di toko elektronika barangkali masih ada yang jual. kalau ingin buat sendiri bisa minta bantuan teman atau saudara yang paham elektronika. trims sudah mampir...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com