Kamis, 27 Maret 2014

Cara mencharge baterai Powerbank buatan sendiri

| Kamis, 27 Maret 2014 | 0 komentar

Posting ini adalah kelanjutan dari posting saya sebelumnya yaitu --> Membuat Powerbank Tablet PC dari baterai bekas laptop.

karena banyak yang bertanya kepada saya tentang cara mencharge baterai Powerbank yang saya maksud itu, maka akan saya bahas beberapa cara yang mungkin untuk dilakukan.

cara 1

baterai powerbank bisa dilepas satu persatu kemudian dicharge secara manual dengan adaptor (charger) Handphone biasa 5 Volt, saya sendiri menggunakan adaptor (charger) bekas dari HP Sony Ericsson yang telah saya modifikasi bagian jack outputnya dengan menggantinya dengan clamp jepit buaya kecil. jika kabel adaptornya dikupas ada kabel merah (positif) dan kabel hitam (negatif). jadi nanti tinggal dihubungkan dari positif adaptor ke positif baterai dan negatif adaptor ke negatif baterai (dijepit pakai clamp buaya tersebut). untuk mengetahui jika baterai sudah penuh atau full charge saya menggunakan voltmeter (multitester). tiap baterai penuh bila tegangannya sudah berada pada kisaran 4,1 Volt. baterai dalam keadaan kosong bila tegangannya turun di 3,6 Volt. anda membutuhkan multimeter atau voltmeter untuk mengetahuinya.


Cara 2

baterai Powerbank bisa dicharge langsung tanpa harus dipisahkan satu-persatu. jadi nanti yang dicharge adalah gabungan dari susunan seri 2 baterai tersebut. untuk lebih jelasnya silakan lihat gambarnya berikut:


charger / adaptor yang digunakan harus 9 Volt (bisa dibeli di toko elektronika), 2 baterai yang sudah diseri itu dalam keadaan full charge jika tegangan totalnya sudah mencapai 8,2 Volt dan kosong bila tegangan totalnya turun di 7,2 Volt.

untuk menggantikan fungsi multitester (voltmeter) seperti pada cara diatas maka pada Powerbank bisa dilengkapi dengan menggunakan pengukur atau skala dengan lampu LED berjajar (seperti yang sering anda lihat pada Powerbank buatan pabrik). anda juga bisa membuat sendiri untuk indikator pengisian full atau kosong pada powerbank tersebut. di internet banyak versi rangkaian yang beredar, salah satu referensinya bisa anda lihat dengan klik DISINI.

selain cara diatas, anda bisa juga mencharge baterai tersebut dengan charger khusus untuk baterai type 18650. charger khusus ini biasa dijumpai untuk mencharge baterai pada lampu senter police.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com