Minggu, 09 Maret 2014

Kelebihan dan kelemahan IC regulator LM 7805

| Minggu, 09 Maret 2014 | 2 komentar

IC LM7805 Voltage Regulator adalah regulator tegangan yang outputnya +5 Volt. Cara mudah untuk mengingat tegangan output dari regulator tegangan seri LM78xx adalah dua digit terakhir dari nomor tersebut. Sebuah LM7805 berakhir dengan "05", oleh karena itu outputnya adalah 5 volt. bagian "78" hanya penanda konvensi dari pembuat chip, digunakan untuk menunjukkan serangkaian regulator tegangan output yang positif.

Salah satu kegunaan IC regulator LM 7805 adalah bisa digunakan untuk membuat Powerbank (travel charger), ini sudah pernah saya tulis dalam posting saya ---> Membuat Powerbank Tablet PC dari baterai bekas Laptop.  nah ternyata LM 7805 ini punya kelebihan dan kelemahan, sama seperti halnya IC seri 78xx lainnya, mari simak penjelasannya berikut ini:

Keuntungan
IC seri 78xx tidak memerlukan komponen tambahan untuk menyediakan tegangan yang konstan, sumber daya yang bisa diatur, membuatnya mudah digunakan, serta penggunaan yang ekonomis serta efisien ruang. Regulator tegangan lainnya mungkin memerlukan komponen tambahan untuk mengatur tingkat tegangan keluaran, atau untuk membantu dalam proses regulasi.  Beberapa desain lain (seperti model switched power supply ) mungkin perlu keahlian teknik substansial untuk menggunakannya.
IC seri 78xx memiliki built-in protection untuk mencegah rangkaian memakan terlalu banyak daya listrik. memiliki perlindungan terhadap overheating dan short circuit, membuat IC ini cukup mantap untuk digunakan dalam beberapa aplikasi termasuk Powerbank.  Dalam beberapa kasus, fitur pembatas arus dari perangkat 78xx dapat memberikan perlindungan tidak hanya untuk 78xx itu sendiri, tetapi juga untuk bagian lain dari rangkaian elektronika.

gambar IC 7805 (credits: learningaboutelectronics.com)

Kekurangan
Tegangan input harus selalu lebih tinggi dari tegangan outputnya, dengan minimum 2 volt lebih tinggi. (misalnya, menyalakan sirkuit atau alat yang membutuhkan tegangan 5 Volt tapi menggunakan baterai 6 Volt maka tidak akan bekerja pada IC 7805).
dalam tulisan saya sebelumnya saya menggunakan 2 baterai Li Ion 3,7 V yang diseri, sehingga tegangan totalnya berkisar 7,4 Volt, masih cukup aman untuk dibuat Powerbank dengan output 5 Volt.

IC ini didasarkan pada desain regulator linear, arus input yang dibutuhkan adalah selalu sama dengan arus keluaran,  sedangkan tegangan input harus selalu lebih tinggi dari tegangan output, ini berarti bahwa daya total (tegangan dikalikan dengan arus) masuk ke 78xx akan lebih besar dari daya keluaran yang disediakan. sebagian daya input akan hilang sebagai panas.  Ini berarti bahwa baik untuk beberapa aplikasi yang memadai heatsink pada IC harus disediakan, dan juga sebagian dari daya input yang terbuang selama proses tersebut, membuatnya menjadi kurang efisien daripada beberapa jenis lain model power supply. Ketika tegangan input secara signifikan lebih tinggi dari tegangan outputnya (misalnya, memakai IC 7805 untuk mendapatkan 5 Volt tapi dengan menggunakan sumber listrik 24 Volt), inefisiensi ini akan bisa menjadi masalah yang signifikan.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Keren ic 78xx lebih ringan langsung berkomunikasi dgn batre tersebut.

Thanx... klw power bank tanpa konponen ic bisa gak¿¿¿

xpandro-id mengatakan...

@Didin: Powerbank tanpa IC bisa Gan, diganti menggunakan zener dioda yang outputnya diatur supaya keluar 5 Volt sesuai standar output charger umumnya. coba cari di Google tentang rangkaian (circuit) 5 Volt regulator zener diode.
kelemahan IC LM7805 adalah efisiensinya yang kecil, yaitu di kisaran 20%. alternatif pengganti untuk IC ini adalah modul regulator yang menggunakan IC XL4005 yang efisiensinya cukup tinggi sekitar 90%. coba baca posting saya yang berkaitan tentang IC XL4005 di link berikut --> http://xpandro-id.blogspot.co.id/2016/01/praktek-membuat-solar-charger-4-watt.html

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com