Kamis, 27 Februari 2014

Pengalaman menggunakan Readyboost untuk game

| Kamis, 27 Februari 2014 | 0 komentar

Bagaimanakah efek atau manfaat Readyboost pada performa Game PC, apakah performa fps Game bisa meningkat? untuk menjawab pertanyaan ini, saya ingin mengujinya sendiri dengan memanfaatkan Flash Disk Adata UV120 sebagai media Readyboost di laptop Acer saya yang menggunakan Windows 7 Pro dengan jumlah RAM 2 GB.



jadi flashdisk ini mempunyai fungsi hampir sama seperti ram komputer namun bukan berarti flashdisk melalui Readyboost bisa membuat kinerja PC menjadi meningkat, hal ini dikarenakan  kecepatan transfer data flashdisk tidak secepat seperti RAM komputer.

Readyboost secara terus menerus akan membuat umur flashdisk berkurang dan di tambah akan membuat kinerja boot (shutdown dan startup) akan menjadi lebih  lambat karena windows harus mematikan/menghidupkan flashdisk kamu saat proses boot tersebut. memang Readyboost menjadi solusi untuk  PC dengan memory RAM yang kurang namun mengupgrade RAM merupakan solusi  yang lebih baik karena memang  didesain khusus untuk hal itu.

saya mencoba membandingkan waktu load setelah dan sebelum menggunakan Readyboost pada beberapa aplikasi program seperti browser Opera, GPU-Z, Microsoft Office 2007, hasilnya waktu loadingnya lebih cepat tapi tidak signifikan selisih 1 atau 2 detik saja, yang terlihat menonjol adalah ketika saya mencoba mengujinya pada game PC seperti GRID 2, ternyata hasilnya cukup mantap. waktu loadingnya terasa lebih cepat, tapi sayangnya Readyboost tidak memberi efek pada performa fps (frame per second) pada Game tersebut.

jadi kesimpulannya, karena Readyboost ini difungsikan sebagai memory virtual, atau tepatnya membantu fungsi dari penyimpanan sementara (RAM) dari komputer, maka efek jika menggunakan Readyboost adalah hampir mirip dengan jika kita menambah RAM pada komputer kita. yang terasa adalah waktu loading program jadi lebih responsif tapi ini tidak memberi dampak pada performa fps game. performa game akan lebih dipengaruhi oleh GPU dan CPU.

posting terkait:
>> Cara setting Flash Disk untuk Readyboost
>> Cara mengoptimalkan performa AMD APU untuk Game
>> Pengalaman saya mendinginkan laptop Acer yang panas

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com