Minggu, 01 Juni 2014

Merakit tuner FM dengan daya baterai

| Minggu, 01 Juni 2014 | 0 komentar

Tuner FM dalam bentuk kit yang dijual di pasaran umumnya mempunyai kepekaan daya tangkap sinyal yang lebih mumpuni dibandingkan radio FM biasa. Tuner FM ini biasanya harus menggunakan catu daya standar DC 12 Volt, nah bagaimana kalau misalnya radio Tuner FM ini menggunakan catu daya dari baterai?

saya mencoba test dengan merakit Tuner FM ditenagai dengan baterai tipe 18650 sebanyak 2 buah yang dirangkai seri, jadi tegangan maksimum totalnya ada di sekitar 8,2 Volt.  baterai Li-ion 18650 saat ini sudah banyak yang jual, karena mulai umum digunakan pada lampu senter police, powerbank, dan modul baterai laptop. untuk mengenal baterai 18650 silakan simak posting saya --> Mengenal baterai 18650 Lithium Ion.

berikut ini foto kit Tuner FM yang saya gunakan :


untuk bagian penguat audionya saya menggunakan mini amplifier dengan IC TDA 2003, outputnya bisa langsung diumpankan ke speaker ukuran kecil atau ke headphone. mini amplifier ini sebelumnya sudah pernah saya bahas pada posting saya sebelumnya, saya sudah mencoba menggunakan mini amplifier ini sebagai penguat audio pada rangkaian radio Airband receiver, dan hasilnya lumayan bagus kok, silakan simak pada posting saya berikut ini --> Membuat radio receiver Airband yang sensitif.

berikut adalah foto mini amplifier yang saya gunakan:


rangkaian mini amplifier ini bisa langsung ditenagai dengan baterai secara bersamaan dengan Tuner FM, jadi rangkaian secara komplit akan tampak seperti pada foto dibawah ini:


silakan simak video yang sudah saya unggah di Youtube, dari uji coba yang saya lakukan dengan klik DISINI.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com