Rabu, 11 Oktober 2017

Mengenal Prosesor Intel Atom x5-Z8350 & Intel HD Graphics (Cherry Trail)

| Rabu, 11 Oktober 2017 | 0 komentar

Prosesor Intel Atom x5-Z8350 adalah SoC quad-core yang hemat daya untuk perangkat Windows dan Android (tablet dan convertible), kecepatan clock di 1,44 sampai 1,92 GHz dan merupakan bagian dari platform Cherry Trail. Berkat proses low-power baru 14 nanometer (P1273) dengan transistor tri-gate, efisiensi energi telah meningkat secara signifikan dari pendahulunya Bay Trail-T (mis., Atom Z3795). Selain inti CPU, SoC menawarkan kemampuan GPU dengan DirectX 11.2 serta LPDDR3 Memory Controller (2x 64 bit, 25,6 GB/s).


Inti prosesor didasarkan pada arsitektur Airmont, yang pada dasarnya merupakan penyusutan sedikit dari inti Silvermont sebelumnya. Sementara kinerja per clock belum diperbaiki, proses 14 nm yang lebih efisien menghasilkan utilisasi CPU Burst yang lebih baik (alias Turbo Boost) dan kinerja keseluruhan yang agak tinggi.

Dibandingkan dengan Atom x5-Z8500, Atom x5-Z8350 memiliki clock yang sedikit lebih rendah dan karenanya sekitar 10 persen lebih lambat. Namun, x5 masih mengalahkan banyak SOC berbasis ARM dan menawarkan kinerja yang serupa dengan Qualcomm Snapdragon 801. Dibandingkan dengan yang lebih tua x5-Z8300, Z8350 menawarkan clock boost 80 MHz yang lebih tinggi dan oleh karena itu memiliki kinerja yang sama. Lihat situs X5-Z8300 kami untuk mendapatkan tolok ukur yang terperinci.

Menggunakan Windows, chip ini cukup untuk tugas sehari-hari sederhana seperti browsing ringan atau Office, tapi tidak untuk software yang kompleks atau game modern. HD Graphics (Cherry Trail) didasarkan pada arsitektur Intel Gen8, yang mendukung DirectX 11.2 dan juga ditemukan dalam rangkaian Broadwell (misalnya HD Graphics 5300). Dengan 12 EUs (Execution Unit) dan kecepatan clock hingga 500 MHz, GPU secara signifikan lebih cepat seperti HD Graphics (Bay Trail) dan dapat menangani setidaknya beberapa game Windows lama dan kurang diminati dalam setting yang rendah, jadi bisa dibilang GPU ini adalah GPU kelas low end.

Performa GPU  Intel HD Graphics (Cherry Trail) ini kurang lebih selevel dengan GPU AMD Radeon HD6320, yang  termasuk GPU kelas low end. salah satu game PC yang cukup "enak" dimainkan di level ini adalah game Spintires...  game ini adalah game Offroad Simulator yang grafisnya cukup bagus, tanpa perlu menggunakan GPU kelas high end untuk memainkannya. silakan klik gambar di bawah untuk menyimak videonya di Youtube:


GPU juga mendukung akselerasi video 4K / H.265. Dibandingkan dengan ARM SoCs, HD Graphics ini menawarkan performa yang cukup bagus dan berada sedikit bawah level Qualcomm Adreno 330 atau PowerVR G6430. Konsumsi daya yang hemat, Seluruh SoC diberi nilai pada SDP 2 Watt, yang mengindikasikan TDP kurang dari 4 Watt. Dengan demikian, chip tersebut bisa digunakan pada tablet berpendingin pasif.


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com