Sabtu, 07 Desember 2019

Membuat Bluetooth Speaker dengan 3D sound & Amplifier Class D

| Sabtu, 07 Desember 2019 | 0 komentar

Bluetooth speaker yang ada dalam bahasan proyek elektronika kali ini mempunyai tambahan fitur 3D sound dan amplifier class D yang hemat daya.


amplifier class D yang digunakan adalah modul amplifier PAM8610 2x15 watt (pada speaker 4 ohm) dengan versi board modul warna merah dan potensiometer (volume control). speaker yang digunakan adalah 2 buah speaker full range LG berukuran 3 inch 4 ohm 50 Watt.
modul amplifier PAM8610 awalnya menggunakan LED warna merah kecil yang kemudian saya ganti dengan LED warna biru 5mm. berikut adalah foto modul amplifier tersebut:

untuk modul 3D sound yang saya pergunakan merupakan modul yang dibuat sendiri, modul berbasis pada IC PT2387. pemasangannnya adalah setelah output audio dari Bluetooth audio receiver, kemudian output dari modul 3D sound diumpankan ke amplifier.

power supply menggunakan paket 3S baterai Li-Ion 18650 (tegangan total sekitar 12,3 Volt) dengan BMS, output tersebut bisa langsung diumpan ke modul amplifier PAM8610.

untuk mencatu bluetooth audio receiver dan modul 3D sound dibutuhkan tegangan 5 Volt, untuk itu dibutuhkan tambahan modul stepdown DC-DC, modul ini berguna untuk menurunkan tegangan dari output 3S menjadi 5V.  output 5 Volt kemudian didistribusikan ke modul bluetooth audio receiver dan modul 3D sound.

untuk diagram rangkaian secara lengkap dan berikut proses pembuatan box speaker bluetoothnya, silakan lihat pada video youtube di channel saya (Xpandro) dengan klik pada gambar dibawah ini:


body box speaker bluetooth ini dibuat dengan papan MDF tebal 6mm. saya menggunakan lembaran papan MDF ukuran  42x30 cm A3, hal ini supaya mudah dipecah menjadi beberapa bagian untuk body. finishing body menggunakan PVC sticker wallpaper motif kayu dan cat semprot acrylic warna hitam. box speaker yang sudah jadi berukuran dimensi 42cm x 18,5cm x 12cm

silakan kunjungi juga posting dan link menarik lainnya berikut ini:
>> Berkebun strawberry di dataran rendah
>> DIY 3D Sound Audio Processor Module (Youtube)
>> Survey online ini terbukti sudah membayar saya jutaan Rupiah
>> Cara efektif mengatasi laptop yang panas
>> Powerbank Samsung 25000mAh ini asli atau palsu?

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com