Senin, 28 Oktober 2019

Merakit Sendiri 3S Li-Ion Battery Pack Tanpa Spot Welder

| Senin, 28 Oktober 2019 | 0 komentar

Ini hanyalah paket baterai (battery pack) tanpa las 3S, cukup solder papan BMS pada pin dudukan di ABS holder 3x Li-Ion 18650 dan tambahkan kawat penghubung. alat spot welder professional cukup mahal, cara alternatifnya dengan hanya menggunakan metode solder biasa.papan BMS (battery management system) biasanya memiliki fitur discharge protection dan overcharge protection untuk mencegah baterai dari kerusakan.

bagian yang dibutuhkan pada proyek ini:
2 pin konektor terminal blok sekrup
kawat tembaga
Tempat baterai ABS 3x Li-Ion 18650
3S 20A li-Ion 18650 papan charger BMS (versi HX-3S-FL20 REV2.2)
3x baterai Li-Ion 18650
(kondisi semua baterai harus mendekati identik, baik kapasitas, internal resistance, dan tegangan)

tegangan untuk pengisian (charge) antara 12.6V sampai 13V.
aplikasi beban atau pengosongan (discharge) bisa menggunakan lampu LED, motor, lampu pijar, alat mini drill, grinder, dll.

untuk skema dan perakitannya, silakan cek video di channel Youtube saya berikut ini:



kebanyakan paket baterai (battery pack) dari Li-Ion 18650 dibuat dengan semacam spot welder untuk mengelas strip nikel di antara terminal baterai 18650. Spot welder yang dipergunakan umumnya dari varietas buatan sendiri: baik dari transformator microwave, atau rakitan sederhana dengan superkapasitor (baterai lead-acid dan relay arus yang tinggi). formasi baterai yang dirakit dengan cara ini umumnya adalah battery pack dengan output arus yang cukup tinggi atau kepadatan daya yang tinggi.

pada pembahasan kali ini yang saya maksud adalah untuk battery pack yang hanya menampung beberapa baterai Lithium Ion 18650. konfigurasi ini cocok untuk aplikasi arus rendah, tidak lebih dari beberapa Amp. itu yang saya sarankan untuk menggunakannya. Tidak memerlukan spot welder dalam bentuk apa pun, Anda hanya membutuhkan alat solder biasa.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com