Minggu, 20 Januari 2013

6 Cara menghemat baterai Tablet PC

| Minggu, 20 Januari 2013 | 0 komentar

Tablet PC yang beredar di pasaran saat ini rata-rata sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, berkisar antara 3000 mAH sampai 5000 mAH. namun, tetap saja risiko kehabisan baterai saat berada di tengah jalan tetap tinggi, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai.

Berikut beberapa cara untuk menghemat daya baterai yang dikutip dari berbagai sumber.

1.menurunkan clock frekuensi prosesor (underclock)
Underclock prosesor dengan aplikasi gratis seperti NO-frill CPU control atau bisa juga dengan Antutu CPU Master. aplikasi ini membutuhkan Android yang rooted. underclock membuat prosesor lebih dingin dan lebih sedikit mengkonsumsi daya listrik, baterai akan semakin awet dan Tablet PC lebih dingin. misal prosesor ARM cortex A8 diunderclock sehingga maksimum frekuensi prosesor berada di 720 MHz.

2.Redupkan layar dan mematikan layar
Semakin cerah tampilan layar, maka semakin cepat baterai habis. Oleh karena itu, redupkan atau matikan layar apabila sedang tidak digunakan.
mematikan layar dengan tombol power on atau sleep mode otomatis yang bisa diatur waktunya setelah beberapa waktu tidak digunakan, misal di set ke 15 second.

3.mematikan sinyal radio (wifi, 3G, phone, bluetooth) atau Aktifkan Airplane Mode.
di beberapa daerah tertentu, smartphone bisa kehilangan sinyal, Hal tersebut bisa saja terjadi karena menara pemancar sinyal berada jauh dari lokasi smartphone berada atau trafiknya sedang penuh.
Apabila sinyal hilang atau melemah, sistem smartphone biasanya akan terus mencari koneksi terbaik. Pencarian sinyal secara terus menerus dapat membuat baterai habis dengan cepat.
Oleh karena itu, sebaiknya matikan saja sinyal radio, jika pengguna benar-benar yakin tidak akan mendapatknya sinyal dalam beberapa waktu. Biasanya, pilihan untuk mematikan sinyal radio terdapat di menu "Setting". Matikan juga fitur WiFi dan Bluetooth apabila sedang tidak digunakan. Kedua perangkat tersebut juga dapat membuat baterai smartphone cepat habis.
Tidak mau terlalu repot-repot dalam mengatur setting sinyal? Pengguna dapat dengan mudah mematikan semua sinyal radio yang ada di smartphone hanya dengan sebuah mode saja, yaitu Airplane Mode. dengan menyalakan Airplane Mode, semua sinyal radio, baik GSM, WiFi, hingga Bluetooth, akan langsung dimatikan.

4.Matikan fitur getar (vibrate)
Fitur getar (vibrate) terkadang dapat sangat membantu apabila ada alarm, panggilan telepon, atau pesan yang masuk pada saat pengguna sedang berkendara, rapat, atau tempat lain yang membutuhkan Tablet PC phone dalam keadaan "silent". Namun, sebenarnya fitur getaran ini membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone. Berdasarkan fakta tersebut, apabila pengguna sedang tidak membutuhkan fitur ini, sebaiknya fitur getar tidak digunakan.

5.Tutup aplikasi yang tidak dibutuhkan.
Aplikasi yang cukup populer untuk Android yaitu Advanced Task Manager bisa dugunakan untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan. Beberapa aplikasi yang dibuka secara bersamaan merupakan salah satu penyebab baterai cepat habis. Oleh karena itu, tutuplah aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi.

6.Tidak melakukan aktifitas mengunduh file dan streaming
Ingin mendengarkan musik atau menonton video? Jika ya, sebaiknya mainkan jenis data tersebut dari media penyimpanan yang ada.  Kurangi kegiatan streaming dan aktifitas mengunduh apabila tidak ingin baterai habis dengan cepat. Menonton video atau mendengarkan musik via YouTube memang menyenangkan, tetapi kegiatan ini membuat baterai cepat habis. untuk mengunduh suatu file sebaiknya gunakan laptop atau PC desktop.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com