Rabu, 17 April 2013

Alat untuk mendengarkan suara dari jarak jauh

| Rabu, 17 April 2013 | 0 komentar

Anda butuh alat untuk bisa mendengarkan suara dari jarak jauh (dengan jarak jangkau kurang lebih maksimal sekitar 100 meter)? misalnya untuk mengawasi anak yang sedang bermain di taman di seberang rumah, atau memantau suara burung di dalam hutan untuk kegiatan survei?
silakan coba untuk membuat alat tersebut yang sesuai dengan gambaran berikut ini:
alat diatas bisa disebut juga sebagai "parabolic sound catcher" yaitu penangkap suara dengan pemfokus berbentuk parabola. parabola ini bisa menggunakan perangkat dari logam, plastik, kaca atau keramik yang kegunaannya untuk memantulkan gelombang suara dan memfokuskannya pada microfon.
bahan parabola harus keras yang  yang bagus pada pemantulan nada menengah dan tinggi. cocok digunakan untuk menangkap percakapan suara manusia maupun suara burung. alat ini menggunakan parabola untuk memfokuskan gelombang suara pada satu arah, sehingga bisa digunakan untuk menangkap suara berdasarkan sumber asal suara. misalnya mengarahkan parabola tersebut ke sarang burung di suatu pohon.

cara kerja alat
dengan memposisikan microfon pada titik fokus parabola, sinyal yang tertangkap microfon dikuatkan dengan rangkaian elektronik amplifier. untuk rangkaian elektronikanya dibahas secara lebih detail dalam sebuah ebook. dalam ebook tersebut sudah berisi daftar komponen, penempatan dalam PCB, PCB layout, skema rangkaian.
silakan unduh ebook dengan klik dibawah ini:


Sound Catcher Amplifier ebook

 PASSWORD

Ebook di dalam paket adalah berformat PDF, yang bisa dibuka dengan aplikasi PDF reader populer seperti Adobe Reader, Foxit Reader atau Microsoft Reader.
bila link untuk mengunduh diatas mati, atau tidak bekerja, silakan tinggalkan komentar di form komentar di bagian bawah posting ini. nanti akan saya usahakan untuk diupload kembali.

anda juga bisa menggunakan amplifier model lain, tidak harus seperti yang ada di dalam ebook diatas, karena amplifier yang bisa digunakan untuk keperluan seperti itu adalah jumlahnya banyak.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com