Jumat, 24 Mei 2013

Memperbaiki kabel OTG yang rusak

| Jumat, 24 Mei 2013 | 0 komentar

Anda pakai kabel USB OTG di Tablet dengan kondisi modem internet yang tidak terdeteksi? atau USB mouse tidak muncul cursornya di layar? maka bisa jadi kabel OTG anda telah rusak. lalu bagaimana cara memperbaikinya?
pengalaman saya saat mengalami kerusakan kabel OTG dikarenakan kabel tersebut sering digerakkan dan kondisi tarik ulur sehingga kabel OTGnya menjadi tidak bisa digunakan. awalnya modem Huawei E220 yang sering saya gunakan untuk internetan di Tablet masih bisa digunakan dengan lancar, kemudian mulai ada sedikit kerewelan dimana modem tersebut kadang terdeteksi dan kadang tidak bisa terdeteksi walaupun lampu LED di modem menyala... lalu kemudian saya pergunakan kembali, dan hasilnya malah tidak terdeteksi sama sekali.
saya melakukan beberapa tes untuk memastikan bahwa memang kabel OTG tersebut telah rusak.
  1. kabel OTG saya gunakan untuk membaca harddisk external di Tablet dan hasilnya normal.
  2. dengan kabel data saya sambungkan Tablet dengan laptop, dan saya aktifkan  USB storage di Tablet, hasilnya normal karena laptop saya bisa membaca SDcard internal yang ada di Tablet. hal ini menunjukkan port USB di Tablet saya normal tidak bermasalah.
  3. saya menghubungkan mouse USB via kabel OTG di Tablet, hasilnya lampu di mouse menyala normal tapi tanda cursor tidak muncul di layar Tablet. ini jelas tidak normal, karena sebelumnya mouse tersebut bisa jalan dengan normal berikut dengan tampilan cursornya.
  4. dengan tanda tersebut saya menyimpulkan ada kerusakan di kabel OTG saya.
untuk beli yang baru, di tempat saya susah mencari toko yang menjual kabel OTG untuk Tablet Android, maklum di tempat saya tinggal posisinya jauh dari kota besar.
akhirnya saya putuskan untuk membongkar kabel OTG tersebut. kabel saya potong tepat di bagian tengah kemudian saya bongkar plastik pelindung di bagian sisi port mini USBnya. setelah itu saya test kabelnya satu persatu dengan multitester dan hasilnya ada salah satu kabel yang putus yaitu yang warna putih (lihat pada gambar di bawah ini):

kemudian kabel putih itu saya potong di dekat sambungan solderan di port mini USB dengan menyisakan sedikit panjang kabel, lalu saya hubungkan dengan kabel lain untuk menggantikan kabel yang putus tersebut, kemudian setelah semua kabel lainnya disambungkan sesuai warna masing-masing, saya mulai menguji coba apakah kabel tersebut sudah normal atau belum....
saya menghubungkannya dengan modem, dan ternyata bisa terdeteksi dan bisa digunakan kembali untuk internetan di Tablet.
setelah yakin bahwa kabel USB OTG tersebut telah tersambung dengan benar, lalu kemudian sambungan kabel saya solder biar koneksinya jadi solid. setelah itu kabel saya rapikan dan saya tutup dengan menggunakan isolasi.
begitulah pengalaman saya memperbaiki kabel OTG yang mengalami kerusakan, semoga bermanfaat!

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com