Rabu, 04 Desember 2013

Cara cek jumlah slot RAM dan kapasitas maksimumnya

| Rabu, 04 Desember 2013 | 5 komentar

Apakah anda penasaran dengan kapasitas maksimum memori RAM yang di support pada komputer PC, Tablet Windows, Netbook, Ultrabook atau Laptop Windows anda? penasaran dengan jumlah slot yang ada di mainboard komputer atau laptop anda? bagaimana cara mengetahuinya tanpa membongkar casing PC atau laptop? jawabannya adalah dengan menggunakan software diagnostik. salah satu software monitoring dan diagnostik yang cukup handal adalah AIDA64 Extreme Edition, dulu dikenal sebagai software Everest, dan software ini menawarkan salah satu laporan diagnostik yang paling rinci, baik hardware maupun software yang ada di dalam komputer PC atau laptop anda. jumlah informasi yang tersedia cukup lengkap dan anda tidak akan benar-benar membutuhkan alat atau media lain untuk belajar lebih banyak hal tentang hardware yang mungkin tersembunyi di dalam komputer atau laptop anda.

Proses instalasi tidak menimbulkan konflik dan antarmuka dari program ini adalah jelas dan terorganisir. informasi ini dikategorikan dalam cara yang mirip dengan tampilan standar pada Windows Device Manager, perbedaannya cukup besar juga,  karena AIDA64 Extreme Edition menampilkan laporan yang lebih rinci.
berikut adalah salah satu contoh screenshoot AIDA64 untuk mendiagnosa laptop saya Acer Aspire 4250:


di gambar tersebut terlihat bahwa "Maximum Memory Module Size" adalah 8192 MB (8 GB) dan jumlah "Memory Slots" adalah 2. jadi laptop saya tersebut mempunyai 2 slot memori RAM dengan masing masing slot bisa diisi keping memory RAM maksimum 4 GB. catatan: Windows 7 yang 32 bit hanya bisa menggunakan RAM maksimal jumlahnya 4 GB, tapi yang bisa anda gunakan (usable) hanya sekitar 3,7 GB saja.

AIDA64 Extreme Edition ini mampu menyediakan informasi dengan satu set lengkap statistik untuk setiap hardware dari bagian-bagian yang ada di komputer Anda, itu termasuk pemantauan sensor suhu prosesor, suhu GPU, suhu Hard Disk, beserta tegangannya, dan juga kecepatan kipas. monitoring pada cooling fan, kecepatan transfer hard disk drive, Rincian drive optik, dan masih banyak lagi. semua informasi ini akan termonitor oleh AIDA64 jika memang mainboard anda mendukung untuk menyediakan informasi tersebut.

AIDA64 ini menurut saya software monitoring dan diagnostik yang punya fitur yang banyak, bisa mengetahui berbagai info hardware yang penting. kita bisa mengetahui spesifikasi VGA (GPU / graphics card) dan juga spesifikasi prosesor pada komputer yang terinstal software ini, juga dilengkapi dengan 13 benchmark modul untuk mengukur CPU, FPU dan performa memory RAM. software ini cocok digunakan untuk mereka mereka yang terkait dengan hardware komputer, seperti pusat service laptop, penjual komputer dan laptop, atau bagi yang ingin belajar tentang hardware komputer/laptop. berikut beberapa fitur yang ada di AIDA64:
· Low-level hardware information
· Software and operating system information
· Security related information
· DirectX information including Direct3D acceleration features
· Diagnostics module that simplifies troubleshooting
· Tweaking features
selain itu masih banyak fitur lainnya yang ada di AIDA64, jadi tidak ada salahnya anda untuk mencoba software ini.
                                                                            ------00------
silakan kunjungi juga posting-posting menarik lainnya berikut ini:


5 komentar:

Adithya prima mengatakan...

gan, aida ku kok gk ada memory controller nya ya ?
padahal udah full version

xpandro-id mengatakan...

@Adithya prima: seharusnya ada Gan, coba cari lagi di bagian "Computer" --> "DMI" --> "Memory Controller"

Unknown mengatakan...

software nya bisa di dapat dari mana gan?

xpandro-id mengatakan...

@Frans: dulu softwarenya ane dapat dari serching di Google Gan, coba cari-cari saja di Google.

Used PC Supplier mengatakan...

Nice Blog Post !

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com