Kamis, 19 Desember 2013

Cara mengoptimalkan performa AMD APU untuk game

| Kamis, 19 Desember 2013 | 0 komentar

Laptop yang dilengkapi AMD APU seri E (AMD E-Series) banyak beredar saat ini, selain harganya ekonomis juga performanya memadai untuk komputasi sehari-hari. misalnya saja laptop dengan prosesor E450 dengan GPU Radeon HD 6320. prosesor E450 dual core 1,65 GHz untuk saat ini memang sangat kurang performanya bila digunakan untuk game modern, sedangkan  menurut situs benchmark PassMark G3D Mark, GPU AMD APU seri E (HD 7340, HD 6320, HD 7310, HD 6310) termasuk dalam kelas Low Mid Range Videocards. klasifikasi GPU graphics card dalam situs tersebut dibagi dalam 4 bagian yaitu:

1.High End videocards
2.Mid to High End videocards
3.Low to Mid End videocards
4.Low End videocards

walaupun masuk dalam kelas GPU "low mid" tapi scorenya tidak beda jauh dengan GPU kelas mid (misal: GT 220M, GT 230M, Intel HD 3000). bahkan untuk score HD7340 sudah sangat mendekati GPU kelas medium (Mid to High End videocards), coba lihat skor dari Radeon HD 7340M (skor 224), GeForce GT 220M (skor 275), Intel HD 3000 (skor 306), GeForce GT 230M (skor 342).

jadi sebenarnya dengan sedikit tambahan "tweak" maka GPU APU ini performanya bisa dimaksimalkan, setidaknya bisa mendekati performa GPU kelas medium yang tidak di "tweak". GPU APU seri HD 7340, HD 6320, HD 7310, HD 6310 mempunyai kemampuan yang hampir sama, lihat hasil benchmark dan skornya pada gambar berikut ini:

image: videocardbenchmark.net

kalaupun ada perbedaan fps dalam game itu hanya beberapa fps saja dan tidak banyak. berikut ini tips untuk memaksimalkan potensi GPU AMD APU, menurut pengalaman saya:

1.matikan antivirus
antivirus yang aktif secara real time bisa membebani prosesor APU ini sampai 25 %, padahal prosesor AMD APU seri E ini tergolong pas-pasan atau bahkan kurang kalau digunakan untuk game, apalagi kalau masih dibebani dengan menjalankan antivirus. cara mematikan Antivirus saat laptop digunakan untuk game:
AV Avast ---> check silent/gaming mode
AV Avira ---> uncheck enable Real-time protection
untuk Anti virus lainnya kurang lebih sama, intinya menonaktifkan Anti Virus untuk sementara saat digunakan game.

2.gunakan software Game Booster
software ini dugunakan untuk mematikan service dan aplikasi background yang tidak diperlukan saat game, sehingga tidak membebani prosesor dan juga RAM. salah satu software yang cukup terkenal adalah Razer game booster dari Iobit.

3.gunakan aplikasi driver terbaru AMD Catalyst Control Center (CCC)
saya sendiri saat ini menggunakan Catalyst versi 13.9

4.matikan Anti Aliasing
Anti aliasing adalah fitur yang paling berpengaruh pada performa GPU, terutama untuk game-game modern, jadi lebih baik tidak difungsikan. dengan layar laptop atau netbook yang kecil, kualitas gambar tanpa AA tidak terlalu banyak kelihatan. untuk game-game casual atau lawas, anda bisa memanfaatkan AA untuk meningkatkan kualitas visualnya.

5.setting Mipmap detail level ke High performance
secara default seting mipmap adalah high quality, mengubah setting mipmap ke High performance memang akan mengurangi kualitas visual, tapi itu bisa diabaikan karena laptop umumnya menggunakan layar dengan ukuran 14 inch kebawah, jadi tidak terlalu kelihatan perbedaan visualnya, tapi perbedaan performanya akan terasa meningkat.



6.setting khusus untuk CCC (Catalyst Control Center)
seting yang saya sarankan bisa dilihat pada gambar berikut:


jika main game DirectX 11 masih ada lag dan low fps maka coba matikan Tesselation di AMD Catalyst Control Center ---> gaming (3D Application Settings) ---> Tesselation Mode: Overide application settings.
Maximum Tesselation level: Off
dengan mematikan Tesselation, akan ada meningkatkan sedikit fps untuk game dengan DirectX 11 misalnya Crysis 2, Metro, dll. Tesselation tidak berpengaruh pada game selain DirectX 11 (game dengan DirectX 9 dan 10). dari yang saya coba, game GRID 2 ada peningkatan sedikit fps dengan cara ini, selain itu game juga terlihat sedikit lebih lancar.

7.gunakan mode balanced atau performance pada windows 7.
colok listrik biar laptop bisa digunakan dan untuk memaksimalkan mode ini.

8.setting khusus dalam Game:
game yang sudah saya coba (test menggunakan Acer Aspire 4250, AMD APU E450 HD6320, Windows 7 Pro, 2 GB RAM):

GRID 2, in game setting:
video mode: resolution 1366 x 768, multisampling off.
advanced graphics: night lighting (medium), shadows (medium), advanced fog (on), particles (medium), crowd (medium), cloth (low), ambient occlusion (low), soft ambient occlusion (on), ground cover (high), vehicle details (medium).
hasilnya cukup lah, grafisnya bagus karena bisa menggunakan resolusi maksimum yaitu di 1366 x 768.
lumayan untuk dimainkan walau fps tidak banyak, hanya berada di sekitar 15 fps saja.
silakan lihat videonya di Youtube saat saya memainkan game ini ---> klik DISINI.

Battlefield bad company 2, lumayan pada setting medium.

game lainnya yaitu BLUR, salah satu game favorit saya, bisa setting grafisnya di high, sebagian besar playable cuma di beberapa event agak sedikit lag. silakan lihat videonya di Youtube, saat saya memainkan game ini ---> klik DISINI.

pengalaman pengguna lain yang menggunakan HD 6320:
game GTA 4 (GTA IV) disetting: turn off clip capture (mematikan fitur clip capture).
menurut sumber, hal ini bisa memberi tambahan gain sebesar 10 fps atau lebih.
silakan baca referensinya pada sumber situs berikut ---> gtaforums.com/topic/500628-ways-to-increase-fps/

menurut situs notebookcheck, 3D performance/game performance dari HD 7340 adalah 10 persen lebih cepat dari HD 6320. tidak terlalu terpaut jauh. yang masih belum puas dengan hasil ini, bisa mencoba untuk menggunakan Catalyst beta versi terbaru. kunjungi situs AMD untuk mengunduhnya. silakan simak juga posting saya dalam mendinginkan laptop AMD APU yang kepanasan --> Pengalaman saya mendinginkan laptop Acer yang panas.

silakan kunjungi juga posting-posting menarik lainnya berikut ini:

>> Butuh baterai baru untuk Tablet Android anda?

>> Cara cek jumlah slot RAM dan kapasitas maksimumnya

>> Pengalamanku membeli barang di Ebay

>> Dapat duit dari situs survey online Indonesia

>> Aneka info Strawberry (Stroberi)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com