Rabu, 25 Juni 2014

Hasil uji coba booster antena TV UHF dengan MMIC

| Rabu, 25 Juni 2014 | 9 komentar

Posting ini adalah kelanjutan dari posting saya sebelumnya yang berjudul ---> Membuat booster antena TV UHF dengan MMIC 

berikut adalah rangkaian kit booster / preamplifier untuk penerima TV UHF yang telah saya buat:


untuk mengatur penguatan (gain) booster maka putar VR potensio sampai gambar di TV maksimal tapi tidak distorsi. antena UHF yang digunakan adalah antena UHF yang biasa dijual di toko elektronika, ditempatkan indoor diatas plafon rumah dengan ketinggian sekitar 7 meter. saran saya supaya hasil maksimal maka antenna ditempatkan outdoor dan pada ketinggian yang mencukupi supaya LOS (Line of Sight) dengan stasiun pemancar. booster ini saya tempatkan di dekat TV, tapi idealnya booster harus ditempatkan dekat dengan antenna dan power supply diumpan lewat kabel coaxial dari bawah. mungkin akan saya coba di lain waktu untuk cara tersebut.

karena booster / preamplifier ini ditempatkan di dekat TV maka bisa langsung dicatu dengan kabel sendiri, catu daya yang saya pilih menggunakan 5 Volt dari charger USB. berikut adalah foto charger yang saya gunakan sebagai catu daya:


antara charger dan kit MMIC preamplifier diberi VR (potensio) 10K sebagai pengatur gain (penguatan). silakan lihat skema rangkainnya pada posting saya sebelumnya. 
hasil dari beberapa stasiun TV UHF (Net, TransTV, dan Indosiar) yang saya tangkap di lokasi saya kota Cepu Jawa Tengah adalah terlihat dalam gambar berikut:


silakan kunjungi juga posting-posting saya lainnya:
 >> Mengenal komponen elektronika: MMIC
>> Merakit tuner FM dengan daya baterai
>> Rangkaian audio mini amplifier serbaguna
>> Membuat Powerbank dengan kapasitas besar
>> Merakit radio FM stereo DSP portabel

9 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas bisa saya beli yg sudah jadinya.. info ke indr4w@gmail.com

Unknown mengatakan...

Mas gmn klu saya pesan boster buatan mas?ni no tlpn sy 082330529341
Dan 7E90346E pin bbm saya

xpandro-id mengatakan...

@Anonim & jhony fbacn: maaf saya tidak jualan Booster yang pakai MMIC atau biasa disebut LNA (Low Noise Amplifier) Gan, kalau agan ingin membuat sendiri bisa kok, cuma yang jual komponen MMIC masih jarang di Indonesia, harus mencari di Ebay Gan. cuma kelemahan MMIC ini sangat sensitif terhadap listrik statik, mudah rusak kalau tidak ditangani dengan benar.

Unknown mengatakan...

gimana cara buat gulungan 68nh itu,soalnya di tempatku susah carinya.

xpandro-id mengatakan...

@robert: @Robert: itu gulungannya (coil) ane buat sendiri Gan, tapi nilainya tidak presisi tepat 68nH, tapi setidaknya bisa mendekati nilai tersebut. ane membuatnya dengan kawat email 0,5 mm dililit rapat pada inti udara diameter 4mm sebanyak 6 putaran.

Unknown mengatakan...

hasilnya bagaimana di bandingkan dengan booster pasaran?

xpandro-id mengatakan...

booster pasaran sudah banyak yang tiruan dari merk terkenal Maspro dan PF, biasanya komponen yang dipakai adalah komponen equivalent yang performanya kadang tidak sama dengan yang asli, hal ini berakibat booster tidak bekerja dengan baik. kadang ada juga booster pasaran yang performanya baik walau barang tiruan, tergantung komponen yang dipakai.
booster MMIC bila dibanding booster pasaran yang asli bermerk, hasilnya lebih bagus booster pasaran (produk asli), karena punya penguatan (gain) lebih tinggi.
produk asli booster pasaran biasanya lebih mahal dari yang produk tiruan dengan kemasan yang mirip, yang beda adalah penggunaan komponennya...

Unknown mengatakan...

Untuk mmic berarti bisa mengcover signal 4G ya pak?
Soalnya di desa belum kena signal 4G padahal cm jarak +- 6km

xpandro-id mengatakan...

@Tri Wijaya: betul Gan, MMIC secara teori bisa mencover 4G karena sifatnya yang broadband yaitu dari DC sampai beberapa GHz. saran saya untuk penerimaan sinyal 4G jarak jauh coba dulu pakai antenna grid Gan, siapa tahu bisa... silakan nanti cari referensi tentang antenna grid untuk 4G di Google...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com