Sabtu, 14 Juni 2014

Merakit portable speaker untuk smartphone & Tablet PC

| Sabtu, 14 Juni 2014 | 0 komentar

Suara dari speaker smartphone dan Tablet PC umumnya kurang nyaman didengarkan, bagi saya terkesan "cempreng" suaranya, hal ini mungkin karena desain speakernya yang terbatas dan dibuat tipis disesuaikan dengan ukuran perangkat mobile yang memang kecil dan ringkas. salah satu cara untuk meningkatkan kualitas audio keluaran dari smartphone atau Tablet PC adalah dengan menghubungkannya dengan portabel speaker.

Portabel speaker yang dijual memang ada banyak macam dan desainnya, tapi bagi saya sendiri lebih suka untuk membuatnya sendiri sesuai dengan selera saya sendiri, pada kali ini saya coba menggunakan mini amplifier dengan IC TDA 2003, skema rangkaiannya silakan lihat dengan klik DISINI.

karena bersifat portabel, maka catu daya wajib menggunakan baterai. baterai yang cocok untuk keperluan ini adalah baterai tipe Li-Ion 18650, karena baterai ini mempunyai kelebihan yaitu punya kapasitas penyimpanan yang besar. untuk mendapatkan tegangan yang sesuai maka 2 buah baterai 18650 disusun secara seri sehingga menghasilkan tegangan total sekitar 8,2 Volt, dengan tegangan sebesar ini maka sudah bisa digunakan untuk sumber daya bagi rangkaian mini amplifier.

speaker yang digunakan adalah speaker full range supaya treble dan bass bisa keluar, ukuran diameter cukup pakai yang 3 inch saja karena kalau pakai yang ukuran lebih besar maka berat juga bertambah, sehingga kurang cocok digunakan.

bahan-bahan yang saya pakai antara lain: wadah toples plastik berbentuk tabung silinder ukurannya disesuaikan dengan ukuran speaker, baterai 18650 saya ambil dari modul baterai laptop bekas, kit mini amplifier dengan IC TDA 2003, kabel dan jack stereo 3,5 mm.


desain yang saya pakai adalah mini amplifier mono (satu cahnnel), sehingga output dari smartphone atau tablet PC yang stereo dijadikan mono, kabel untuk L dan R bisa digabung. bila ingin dibuat model stereo maka kit mini amplifiernya bisa dibuat dobel channel dan dengan 2 speaker untuk masing masing kanal L dan R. dibawah ini adalah foto



berikut adalah video yang saya unggah di Youtube, silakan klik DISINI untuk melihatnya.

kunjungi juga posting lainnya berikut ini:
>> Mengenal baterai 18650 Lithium Ion
>> Membuat Powerbank dengan kapasitas besar
>> Android anda sering lag? silakan coba aplikasi ini
>> Cara mudah mengkilapkan layar gadget anda

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com