Kamis, 21 Agustus 2014

Kenapa laptop cepat panas?

| Kamis, 21 Agustus 2014 | 0 komentar

Pernah mengalami kejadian laptop yang cepat panas? padahal hanya digunakan untuk kerja ringan saja seperti mengetik dengan Ms Word? lalu apa penyebabnya? kenapa laptop menjadi cepat panas?
ada banyak faktor atau penyebab yang menjadikan laptop menjadi mudah panas saat digunakan bahkan saat digunakan untuk pekerjaan yang ringan seperti memutar mp3.

berikut beberapa penyebab laptop yang cepat panas:

1. heatsink dan fan prosesor kotor tertumpuk lapisan debu
hati-hati memakai laptop diruangan berdebu, bisa mempercepat penumpukan debu di daerah heatsink prosesor. setelah pemakaian 1 sampai 2 tahun biasanya heatsink prosesor akan terlapisi oleh debu, menyebabkan pelepasan panas menjadi kurang efektif. akibatnya prosesor menjadi lebih cepat panas dari biasanya. untuk itulah heatsink dan fan prosesor laptop perlu dibersihkan secara berkala.
2. tidak menggunakan tambahan cooling pad
memakai cooling pad adalah pilihan yang paling umum untuk mendinginkan laptop, walaupun cooling pad yang harganya murah mungkin tidak memberikan penurunan suhu laptop yang signifikan.
jangan heran, banyak para gamer laptop di Indonesia yang menggunakan cara dengan menambah kipas angin untuk mendinginkan laptop, biasanya diletakkan di samping laptop. selain karena kipas angin adalah benda yang umum dijumpai di rumah, juga memberi pendinginan yang lebih efektif daripada memakai cooling pad.
3. laptop digunakan pada ruangan bersuhu panas
ruangan ber AC tentu suhunya lebih dingin dibandingkan dengan suhu ruangan normal. laptop menjadi lebih dingin saat digunakan di ruangan ber AC daripada saat digunakan pada ruangan yang bersuhu panas.
4. menumpuknya berbagai program yang berjalan di startup
tanpa kita sadari banyak program dan service yang berjalan di background Windows. tentu hal ini akan menyita kemampuan prosesor. kurangi program yang tidak diinginkan atau tidak diperlukan lewat startup.
5. beberapa jenis virus yang menghabiskan resource prosesor
pada beberapa kasus laptop yang mengalami kepanasan, ternyata disebabkan oleh virus. oleh virus, prosesor dipaksa bekerja dengan keras terus menerus (full throttle) padahal laptop sedang dalam tidak digunakan. akibatnya laptop menjadi panas. gunakan Anti Virus terbaru untuk membersihkan laptop anda dari ancaman virus.
6.sirkulasi udara pada sistem pendinginan laptop terganggu
jangan menaruh laptop diatas kasur, hal ini menyebabkan ventilasi udara dibawah laptop akan tertutup sehingga sirkulasi udara untuk mendinginkan laptop menjadi terganggu dan mengakibatkan laptop menjadi cepat panas.

Laptop yang panas saat digunakan adalah sangat umum terjadi, dan paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari karena memang desain pendinginan di laptop tidak seperti pada komputer PC. bentuk laptop yang dibuat ringkas, tentu sangat membatasi jika harus menggunakan headsink dan kipas (fan) dengan ukuran yang lebih besar.

supaya lebih jelasnya, anda bisa menyimak pengalaman saya dalam mendinginkan laptop Acer Aspire pada link berikut —>  Pengalaman saya mendinginkan laptop Acer yang panas.

Lalu apa dampak buruk bagi laptop yang sering kepanasan dalam jangka waktu yang lama? coba simak beberapa referensi dari posting-posting saya sebelumnya berikut ini:

>> Pengalamanku memperbaiki laptop mati total
>> Penyebab kerusakan laptop display blank atau black screen

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com