Jumat, 27 Juni 2014

Membuat penguat (booster) antenna murah meriah

| Jumat, 27 Juni 2014 | 5 komentar

Penerimaan sinyal antenna TV UHF anda lemah dan gambar TV banyak semutnya? perangkat SDR anda kurang peka menangkap sinyal? radio scanner anda ingin ditingkatkan sensitifitas penerimaannya? sinyal antena satelit parabola perlu ditambah? radio SW atau FM anda ingin tambah peka dalam menangkap sinyal? mungkin posting ini bisa membantu anda, mari silakan disimak.

salah satu contoh booster antena TV yang banyak dijual di pasaran

mungkin anda pernah mengalami, membeli Booster antenna TV yang harganya mahal tapi tidak memberi perubahan, ini artinya Booster TV tersebut mungkin abal-abal (tidak asli atau tiruan). saya sendiri pernah mengalami hal ini. solusi terbaik menurut saya adalah dengan membuat booster antena sendiri, yaitu membuat penguat antena atau booster antena yang murah meriah tapi bisa diandalkan dan itu bisa dicapai dengan menggunakan komponen MMIC.

apa itu komponen MMIC? silakan simak pembahasannya berikut ---> Mengenal komponen elektronika: MMIC

komponen MMIC bisa anda dapat di Ebay, saya sendiri juga membelinya lewat Ebay. salah satu MMIC yang saya beli adalah SGA3486Z yang bisa bekerja pada range frekuensi DC sampai 5 GHz. harga persatuan yaitu 1$. cukup murah menurut saya dengan harga seperti itu. komponen MMIC terkenal dengan harganya yang murah (low-cost), silakan simak posting saya yang berhubungan dengan membeli barang di Ebay ---> Asik kiriman barang Ebay telah datang.

dengan harga yng cukup murah maka tak heran banyak para homebrewer atau anggota radio amatir luar negeri sana yang suka membuat rangkaian preamplifier dengan menggunakan komponen ini. karena bisa bekerja pada jalur wideband, maka penggunaannya pun beragam, bisa diaplikasikan pada radio receiver, SDR, penerima satelit parabola, radio telekomunikasi, selular, microwave, dll.

saya sudah mencoba membuat dan hasilnya terbukti lumayan, silakan lihat pembahasnnya dalam posting saya berikut:

bagian pertama ---> Membuat booster antena TV UHF dengan MMIC
bagian kedua    ---> Hasil uji coba booster antena TV UHF dengan MMIC

silakan kunjungi juga posting saya lainnya berikut ini:

>> Bukti bayaran ke 51 dari Triond
>> Bukti bayaran Ipanelonline di 2015 ini
>> Membuat Powerbank dengan kapasitas besar
>> Butuh baterai baru untuk Tablet Android anda?
>> Membuat radio receiver Airband yang sensitif

5 komentar:

Den garin mengatakan...

Saya suka sama artikelnya, membuat rangkaian boster tv UHF. Thanks atas share-nya.. :)

xpandro-id mengatakan...

@Den garin: thanks Gan sudah mampir di blog saya ini, preamplifier yang menggunakan komponen aktif MMIC dapat dikategorikan sebagai LNA (Low Noise Amplifier) karena MMIC memang terkenal akan keunggulannya yaitu low noise...

xpandro-id mengatakan...

@Den garin: thanks Gan sudah mampir di blog saya ini, preamplifier yang menggunakan komponen aktif MMIC dapat dikategorikan sebagai LNA (Low Noise Amplifier) karena MMIC memang terkenal akan keunggulannya yaitu low noise...

Unknown mengatakan...

bisa pesen yang udah jadi nggak gan

xpandro-id mengatakan...

@Unknown: maaf Gan, ane tidak menerima pesanan. bahan utama berupa MMIC ini bukan komponen elektronika yang umum dan mudah didapat di Indonesia.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com