Minggu, 06 Juli 2014

Penggunaan solar cell untuk charger powerbank

| Minggu, 06 Juli 2014 | 4 komentar

Solar Cell atau disebut sel surya (photovoltaic cell, PV cell) mempunyai fungsi mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Sel surya yang berukuran kecil seperti di dalam foto di bawah ini adalah sesuai untuk eksperimen dan proyek sains skala kecil. salah satu contohnya adalah solar cell digunakan sebagai charger Powerbank.

sumber foto: rekacipta.net

Contoh diatas adalah sel surya yang mudah dicari di Ebay. bagi yang berminat membeli di Ebay silakan simak posting saya berikut ini:

>> Asik kiriman barang Ebay telah datang
>> Pengalamanku membeli barang di Ebay

Bagi proyek sains yang memerlukan daya listrik yang lebih tinggi, maka kombinasi beberapa solar cell yang disambung secara seri, pararel, atau kombinasi seri-pararel untuk membentuk unit panel surya (solar panel). cara ini lebih cocok dalam menghasilkan ukuran dan daya yang sesuai menurut kebutuhan anda, daripada jika menggunakan panel surya yang sudah jadi. kebanyakkan unit yang biasa kita lihat dipasang di atas atap rumah, lampu jalan, adalah sel surya (solar cell) yang dibentuk menjadi panel solar (gabungan beberapa unit kecil sel surya). berikut adalah salah satu contoh panel solar dari gabungan solar cell, yang bisa dimanfaatkan untuk membuat charger powerbank.

                                                             sumber foto: rekacipta.net

untuk konsep charger powerbank dari solar cell, saya akan ambil contoh percobaan yang dilakukan oleh rekacipta.net dengan menggunakan solar cell buatan Sungold Co. Ltd dengan spesifikasi 5 Volt 50 mA seperti foto yang tampak dibawah ini:


                                                         sumber foto: rekacipta.net

nilai tersebut adalah absolute maximum rating karana pada kenyataannya nilai paling tinggi yang di peroleh di bawah sinar matahari terik hanyalah sekitar 4.2 V dan 20 mA. sehingga jika ada 6 buah solar cell seperti itu disusun secara pararel maka akan menghasilkan tegangan 4,2 Volt 120 mA. supaya outputnya bisa menjadi 5 Volt maka dibutuhkan rangkaian kit DC-DC step up converter. output dari converter bisa dihubungkan ke Powerbank. lihat skema berikut:


Output tiap jenis solar cell adalah berbeda disebabkan jenis bahan photovoltaic yang digunakan, misalnya ada monocrystalline silicon, polycrystalline silicon, amorphous silicon, cadmium telluride, atau copper indium.

Dari segi warna, solar cell yang berwarna kebiruan kemungkinan adalah dibuat dari bahan monocrystalline silicon yang lebih efisien, sementara  solar cell yang berwarna kehitaman berkemungkinan adalah dari jenis copper indium. mungkin hal ini bisa menjadi pertimbangan anda sebelum membeli solar cell.

sebagai tambahan referensi, baca juga posting saya yang masih berkaitan tentang topik ini yaitu -->  Praktek membuat Solar Charger 4 Watt

silakan kunjungi juga posting-posting lainnya berikut ini:
>> Membuat mainan kapal tenaga surya
>> Powerbank dengan rangkaian DC-DC step up converter
>> Bukti bayaran Ipanelonline di 2014 ini
>> Membuat penguat (booster) antenna murah meriah
>> Membuat Powerbank dengan baterai AA 1,5 Volt

4 komentar:

Han mengatakan...

Gan apa berarti kalo solar cell yg 6v hasiln outputnya 4,2v juga?

xpandro-id mengatakan...

@Han: bisa Gan kalau cuacanya berawan bisa turun seperti itu, jadi tegangan dari Solar Cell atau Solar Panel itu tegangannya naik turun sesuai intensitas sinar matahari yang diterima. jika ingin digunakan sebagai solar charger maka tegangan output harus stabil, maka tegangan dari solar panel harus ditambah regulator dengan output 5 Volt. sebagai referensi coba lihat di link posting saya ---> http://xpandro-id.blogspot.com/2016/01/praktek-membuat-solar-charger-4-watt.html

Han mengatakan...

Tadinya saya pikir apa step up 5v juga gan karena 4,2v . Jadi tergantung spek panel yah?

xpandro-id mengatakan...

@Han: betul Gan, output voltase maksimum tergantung spek panel karena yang dijual banyak jenis dan ragamnya. kalau ingin membuat proyek harus teliti dulu spek solar cell atau solar panel yang akan digunakan.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com