Selasa, 25 Februari 2014

Powerbank dengan rangkaian DC-DC step up converter

| Selasa, 25 Februari 2014 | 4 komentar

Salah satu cara atau teknik merakit Powerbank standard untuk smartphone adalah dengan menggunakan rangkaian DC-DC step up converter yang fungsinya mengubah tegangan sumber catu daya dari baterai yang tegangannya dibawah 5 Volt (bisa dari baterai AA 1,5 Volt atau baterai 18650 3,7 Volt) menjadi outputnya 5 Volt, sehingga dapat digunakan untuk mencharge berbagai gadget seperti smartphone maupun Tablet PC.
Powerbank disini difungsikan sebagai pengganti USB charger dari listrik PLN, tetapi Powerbank mempunyai keterbatasan dalam mengisi daya sesuai dengan kapasitasnya.

teknik lainnya yaitu dengan cara menambah rangkaian 5V DC step down, yang gunanya merubah tegangan diatas 5 Volt menjadi 5 Volt dengan memanfaatkan IC regulator LM 7805. untuk lebih detail dan cara membuatnya, anda bisa membaca pada posting saya yang berjudul ---> Membuat Powerbank Tablet PC dari baterai bekas laptop.

pada posting kali ini saya coba membahas tentang Powerbank yang didesain dengan memanfaatkan sumber daya dari baterai biasa seperti jenis baterai AAA, AA, AA rechargeable, maupun baterai 18650.

gambar: electro-labs.com

Gadget yang ada di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari selalu menghadapi masalah dengan kapasitas baterainya yang kecil, sehingga saat digunakan di tengah hari sudah kehabisan daya baterainya. Terutama ponsel, MP3 player, Smartphone, e-book Reader, Phablet, Tablet PC, dll. Kadang-kadang kita tidak dapat menemukan sumber listrik untuk merapatkan adaptor ke listrik PLN atau port USB komputer. Dalam kasus tersebut, Powerbank USB travel charger bertenaga baterai akan sangat membantu. powerbank ini dapat disusun oleh dua atau tiga baterai ukuran AA atau AAA  yang dapat Anda temukan dengan mudah atau dengan Anda bawa ketika Anda mobile. berikut adalah skemanya rangkaiannya:

gambar: electro-labs.com

gambar rangkaian diatas adalah rangkaian DC-DC step up converter dari versi buatan electro-labs.com. rangkaian ini bisa dicatu dari baterai 2 x AA @ 1,5 Volt disusun seri = 3 Volt atau baterai jenis lain yang tegangannya tidak sampai 5 Volt, misalnya 1 x  baterai 18650 3,7 Volt.

untuk keterangan, daftar komponen, dan contoh layout PCB bisa anda lihat di link sumber berikut INI.

bagi anda yang tertarik untuk mencoba membuat sendiri Powerbank dengan rangkaian DC-DC step up converter ini, bisa membeli dalam bentuk jadi yaitu modul kit PCB di Ebay yang harganya cukup murah, yaitu sekitar 2 $ saja. ini contoh screenshoot produk yang ditawarkan tersebut di Ebay:


saya sendiri juga sudah memesan produk tersebut via Ebay, tinggal menunggu kirimannya sampai ke tangan saya, perkiraan mungkin di pertengahan Maret 2014 nanti, kalau sudah dapat akan langsung saya coba karena saya masih menyimpan beberapa baterai 18650 yang masih bagus kondisinya, dari mencomot modul baterai laptop bekas. daripada tidak terpakai, lebih baik digunakan untuk Powerbank, lumayan lah bisa memanfaatkan dari barang bekas. he he he... :D
untuk menambah referensi bagaimana cara membeli barang di Ebay, silakan anda baca posting saya yang berjudul:  Pengalamanku membeli barang di Ebay.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Dioda-nya yang apa gan?

xpandro-id mengatakan...

@Syahrul: dari simbolnya itu adalah jenis dioda zener Gan, tapi memang tidak ada keterangannya disitu...
lebih baik beli yang sudah bentuk jadi saja Gan, lebih murah kok, pesanan saya di Ebay yaitu kit DC-DC step up converter juga sudah datang, bisa dibaca pada posting yang ini -->
http://xpandro-id.blogspot.com/2014/04/asik-kiriman-barang-ebay-telah-datang.html

Unknown mengatakan...

gan, mau nanya,
kalo beli bijian bisa gak di "ebay"...?

xpandro-id mengatakan...

@Denie SP Dinata: bisa kok Gan, saya sendiri belinya juga bijian di Ebay.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com