Sabtu, 27 Desember 2014

Memperbaiki Tablet PC Cyrus Atom Pad 3 yang mati total

| Sabtu, 27 Desember 2014 | 4 komentar

Tablet PC Cyrus Atom Pad 3 yang mempunyai baterai berkapasitas kecil yaitu 2400 mAH maka ketika dipakai untuk bermain game akan cepat habis, adik saya yang punya tablet ini memang suka main game Android seperti GTA San Andreas dan Asphalt 8 di Tablet miliknya itu. yang menjadi permasalahan adalah baterai cepat habis dan Tablet langsung mati, dan kemarin Tablet ini benar-benar mati total, bahkan sudah dicolok charger tetap tidak mau hidup (layar tetap mati dan indikator pengisian baterai juga tidak muncul).

pada awalnya saya mengira ada permasalahan pada port micro USB nya, pada akhirnya Tablet tersebut saya bongkar. jika anda punya permasalahan yang sama, bisa mengikuti cara saya untuk menghidupkan kembali Tablet tersebut dengan cara berikut ini:
  1. Cara membuka buka casing body Tablet PC ini adalah dengan menggunakan cutter sebagai pengungkit body belakang. supaya jelas lihat pada link video yang saya cantumkan di bagian bawah posting ini... 
  2. setelah body sedikit terbuka, buka secara perlahan kunci lainnya di sepanjang pinggir body.
  3. saat body belakang terpisah, kemudian saya cek pada port micro USB ternyata tidak mengalami masalah, kecurigaan saya berganti ke bagian baterai.
  4. saya test tegangan baterai dengan multimeter, ternyata tegangannya 3,3 Volt. berarti tegangan jatuh melebihi batas normal low battery yaitu sekitar 3,6 Volt. jadi saya beriniasif untuk mencharge secara manual.   jika anda ingin mengganti baterai yang drop atau mengganti baterai dengan kapasitas yang lebih besar, misalnya 3700 mAH, coba baca dulu posting saya berikut ini --> Butuh baterai baru untuk Tablet Android anda?
  5. cara mencharge baterai secara manual berguna agar baterai bisa kembali ke tegangan (voltage) minimal 3,6 Volt (baterai akan terdeteksi oleh Android dalam keadaan low battery). ini berguna supaya tegangan baterai di level ini bisa menghidupkan Tablet kembali ke keadaan normal dan bisa dicharge dengan charger bawaannya.
  6. potong kabel baterai + (warna merah) dan kabel - (warna hitam). charge secara manual dengan adaptor USB standar 5 Volt atau charger handphone 5 Volt. perhatikan polaritasnya jangan terbalik. lihat link video dibawah posting ini biar lebih jelas. 
  7. setelah tegangan baterai diatas 3,6 Volt misalnya 3,8 Volt maka charge manual bisa dihentikan. solder kembali kabel tersebut pada motherboard.
  8. setelah saya tekan tombol on, ternyata tablet ini bisa hidup lagi dan bisa di charge kembali secara normal dengan charger bawaan.
untuk lebih jelasnya silakan lihat pada video yang sudah saya unggah di Youtube dengan klik pada gambar dibawah ini atau bisa juga dengan klik DISINI.


cara ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki Tablet PC Android yang tidak bisa dicharge, yaitu jika di layar cuma menampilkan gambar baterai warna merah atau baterai dengan tanda seru, walaupun charger sudah dicolokkan.

4 komentar:

talita mengatakan...

Saya punya cyrus pad mati total dan tidak bisa di charge... moga cara ini bisa mengatasi. Kalo bisa saya balik lagi kesini :) makasih oom

xpandro-id mengatakan...

@Talita: silakan dicoba, siapa tahu nanti berhasil dengan mengikuti seperti yang saya jabarkan di posting...

bachtiar mengatakan...

saya juga punya atompad 3 ...
lumayan awet..
tapi kalo keadaan di charge itu touchscreen suka lari - lari sendiri...macam random touch..
punya mas apa juga seperti itu?

terus kalo mau backup firmware-nya gimana ya? saya pengen nyoba oprek2 takut kalo bootloop tidak bisa restore lagi...secara cyrus juga ngga ngeluarin firmware nya...
banyak allwinner a20 diluaran tapi spek nya juga macam - macam :D

thanks

xpandro-id mengatakan...

@Bachtiar: iya sama seperti itu, mungkin itu sifat bawaan dari Tablet Atompad 3. untuk backup firmware saya tidak tahu caranya mungkin bisa dicari di forum-forum. supaya tidak sering charge, Tablet Atompad 3 milik adik saya, saya modifikasi dengan menambah kapasitas baterainya. baterai Li-ion bekas dari smartphone Samsung saya pararel dengan baterai aslinya Tablet, hasilnya tablet tersebut jadi lebih tahan lama pemakaiannya dan tidak sering dicharge.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com