Jumat, 01 Maret 2013

Jenis-jenis teropong Binokular dan kegunaannya

| Jumat, 01 Maret 2013 | 4 komentar

Sebelum membaca posting ini lebih lanjut, anda bisa mengunjungi dulu posting saya yang berjudul "Mengenal teropong binokular dan cara kerjanya" dengan klik DISINI.

Teropong Binokular mempunyai banyak macam serta fungsi yang berbeda-beda, berikut adalah pembahasannya:

Astronomi
teropong astronomi biasanya ukurannya lebih besar dan berat, dibuat dengan kekuatan pembesaran yang tinggi dan diameter lensa objektif besar. ukuran yang lebih besar spesifikasi (20x80) membutuhkan tripod supaya stabil dan nyaman saat digunakan. silakan simak juga posting saya yang berjudul "Kegunaan teropong Binocular untuk kegiatan astronomi" dengan klik DISINI.

Travel
teropong travel atau teropong kompak dirancang untuk tujuan portabel dan ringan, tidak selalu ideal untuk digunakan dalam kondisi cahaya rendah. Meskipun beberapa merek premium menghasilkan teropong kompak berkualitas tinggi yang tampil baik meskipun aperture kecil.
Marine
teropong laut yang dibangun untuk berlayar dan berperahu. beberapa teropong laut dilengkapi dengan kompas. performa tahan lama, tahan air, fogproof dan lapis baja dengan karet body anti slip.
spesifikasi 7x50 adalah standar di divisi angkatan laut/militer di seluruh dunia.
Birdwatching
teropong birdwatching yang sempurna mempunyai fitur transmisi cahaya yang unggul dan optik yang tajam.
cocok digunakan untuk kegiatan survei, pengamatan burung, maupun kegiatan outdoor. carilah teropong dengan exit pupil minimum 5mm dan pembesaran antara 8-10x. untuk teropong dengan perbesaran yang lebih tinggi, lebih sulit untuk mendapatkan kestabilan.
Pemburuan
teropong berburu digunakan untuk melengkapi peralatan senapan dan riflescopes. hal yang penting adalah mencari teropong yang menawarkan transmisi cahaya yang baik, ini bermanfaat bagi pemburu yang berada di lokasi hutan atau keadaan malam hari yang lingkungan cahayanya rendah. jika Anda berburu dalam kondisi cahaya rendah, sangat ideal untuk mencari ukuran lensa objektif 42mm atau yang lebih lebar.
Teater
teropong teater atau kacamata opera, dirancang untuk penggunaan di dalam ruangan, karena itu daya perbesaran 3x disertai dengan lensa objektif 25mm sempurna untuk konser, opera, dan musikal. umumnya lensa objektifnya tidak terlalu lebar.

4 komentar:

Ega Aziz mengatakan...

mau tanya dong,,,
tempat rekomen yang jual binocular buar liat angkasa d mna ya,,,
khususnya jakarta

admin mengatakan...

@Ega Aziz: maksud agan itu Binocular untuk Astronomy ya?
pakai saja yang size medium dengan lensa objective 50mm dan perbesaran 12 kali sudah cukup, saya pakai yang model itu Gan, yaitu bino jepang merk super zenith 12x50 field 5 derajat lumayan lebar buat lihat panorama langit malam atau untuk survey lapangan. kalau yang sizenya lebih besar misalnya dengan lensa objective 80mm, kelebihannya perbesaran sebanding dengan telescope kecil, tapi kelemahannya selain harganya mahal juga kurang nyaman digenggam karena bobotnya lebih berat dari binokular biasa. untuk daerah jakarta yang jual saya kurang tahu Gan, kalau yang bermerk seperti celestron, orion harganya memang agak mahal. kalau ingin dapat pilihan yang lengkap dan berkualitas coba cari di www.Ebay.com Gan. mungkin bisa baca-baca dulu posting saya di link berikut:
http://arjip.wordpress.com/2012/09/20/pengalamanku-membeli-barang-di-ebay/

JENDRAL CLEOPATRA mengatakan...

gan mau tanya.
teropong yang cocok untuk berwisata ke pantai. gunung sekaligus bs ngamati burung dan bintang dilangit teropong apa ya gan.

admin mengatakan...

@Jendral Cleo: untuk keperluan all arround purposes, teropong binokular yang cocok model ukuran medium, minimal cari yang speknya 12x50 (perbesaran 12x dan diameter lensa objektif 50mm) seperti punya saya Gan. kalau ingin yang lebih besar lagi perbesarannya, pakai model Spotting Scope atau bisa juga pakai Short Tube Scope seperti miliknya Orion atau Celestron, tapi sayangnya untuk yang model ini harganya agak mahal Gan.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com