Kamis, 12 Maret 2015

Powerbank Samsung 25000mAh ini asli atau palsu?

| Kamis, 12 Maret 2015 | 2 komentar

Sekarang ini banyak sekali berbagai brand dan tipe Power Bank yang beredar di pasaran, ada yang merk tidak terkenal sampai yang branded seperti merk Samsung, Xiaomi, Sony, Dan Panasonic.
ada hal yang masih membuat saya bingung, yaitu maraknya Powerbank dengan merk Samsung yang dijual di toko-toko online, karena setahu saya Samsung tidak membuat Powerbank dengan tipe yang banyak tapi hanya beberapa tipe Powerbank dan stok jumlah barangnya pun tidak banyak yang beredar di pasaran, kalau anda ingin lihat tipe Powerbank Samsung yang asli silakan cari di situs Amazon.
Baterai Li Ion 18650 original dari Samsung, foto: Amazon.com 

saudara saya membeli Powerbank dengan label Samsung 25000mAh model A015 di sebuah counter kecil di kota saya, saya lihat packagingnya cukup aneh, bukan standar packaging keluaran merk ternama seperti Samsung. langsung saja saya bilang ke saudara saya kalau Powerbank itu mungkin Powerbank Samsung palsu. untuk memastikannya, Powerbank itu saya bongkar supaya bisa saya cek komponen penyusunnya. berikut dibawah ini link videonya di Youtube, saat saya membongkar Powerbank tersebut, silakan klik pada gambar dibawah ini:


setelah saya cek pada komponen baterainya ternyata ada tulisan HKT 18650 ZYQ CQR GP-6, jelas ini bukan baterai produksi Samsung, tapi produksi HKT. yang jadi pertanyaaan, kalau yang saya bongkar ini benar-benar adalah Powerbank Samsung, kenapa menggunakan baterai dari merk lain yaitu HKT? sungguh aneh bukan?

jadi kesimpulan saya Powerbank ini adalah Powerbank biasa atau Powerbank polosan yang diberi label "Samsung" dan lalu diberi box packaging yang terlihat sekilas mirip box packaging barang murah asal negeri China. saya tidak bilang Powerbank ini jelek, karena kenyataannya Powerbank ini berfungsi dengan baik, cuma spesifikasi yang dicantumkan di box packagingnya terlalu lebay atau berlebihan yaitu 25000 mAh padahal spesifikasi aslinya tidak sampai seperti itu. misalnya Powerbank menggunakan 5 baterai 18650 @2400 mAh maka kapasitas totalnya tidak akan lebih dari 12000 mAh, tapi di box kemasan ditulis 25000 mAh. mungkin ini juga bagian dari trik dari pembuat Powerbank palsu ini agar produknya laku dipasaran.

berikut adalah link video, saat powerbank tersebut digunakan untuk mencharge Tablet PC Android yang sedang digunakan main game oleh adik saya, silakan klik DISINI untuk menontonnya atau klik pada gambar dibawah ini:


berdasar penulusaran saya di beberapa situs online, produk keluaran Samsung dinamai Compact Portable battery Pack dengan kapasitas 3,100 mAh dan Portable Battery Charging Pack. banyak produk Powerbank lain yang mengatasnamakan merek Samsung. Oleh karenanya perlu diperhatikan garansi dan toko penjualnya, apakah produk tersebut adalah produk resmi Samsung atau bukan. saran saya belilah di toko/store yang terpercaya atau di gerai resmi mereka.

Pastikan harga dan kapasitas masuk akal. banyak merek Power Bank yang menawarkan kapasitas besar tetapi harganya sangat murah. Ini hanyalah trik (gimmick marketing) supaya pembeli tertarik untuk membeli, padahal secara normal, kualitas selalu sebanding dengan harga. pastikan berat dari Power Bank tidak ringan, berat baterai 18650 yang menjadi bahan Powerbank adalah acuannya, semakin berat biasanya semakin besar kapasitas penyimpanannya (dengan satuan mAh). biasanya Power Bank yang ringan memiliki kualitas yang lebih rendah karena menggunakan baterai yang lebih ringan (berkapasitas kecil) atau jumlah baterai yang digunakan lebih sedikit.

Tidak semua Powerbank yang bagus menggunakan bahan komponen baterai Li Ion 18650 dari Samsung, ada juga yang menggunakan baterai lainnya seperti baterai 18650 dari produsen LG, Sanyo, Panasonic, dan Sony. beberapa Powerbank ada juga yang menggunakan bahan baterai bukan tipe 18650, tapi menggunakan baterai Li Ion berbentuk yang kotak dan biasanya digunakan di Tablet PC Android.

silakan kunjungi juga beberapa posting menarik berikut ini:
>> Mengganti baterai Android kembung dengan baterai non standard 
>> Main game & aplikasi Android di laptop spek rendah
>> Memperbaiki Tablet PC Cyrus Atom Pad 3 yang mati total
>> Software untuk Root Android terbaik (dari pengalaman saya)
>> Asyiknya main game billard & karambol di Tablet PC Android

2 komentar:

Unknown mengatakan...

ane beli ini juga gan, trus ane bongkar ternyata polosan battnya, ga ada informasi no registrasi atau kode dari samsung. penasaran sih.

charger yang mantep itu adalah genset :D :D :D

xpandro-id mengatakan...

@Unknown: jarang saya lihat ada Powerbank Samsung original yang beredar di Indonesia, kebanyakan adalah Powerbank polosan asal negeri China yang diberi cap dan logo "Samsung".

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com